O to Born ~ ​Menarik! Shuttle bus yang punya fitur canggih yakni self-driving mulai diuji coba jalan di jalanan umum. Self-driving alias bisa nyetir sendiri masbray!

Ujicoba dilakukan selama 6 bulan dengan 2 unit bus wara wiri di jalanan Stockholm, Swedia, untuk mengetahui dan memetakan kekurangan kekurangan dari dioperasikannya shuttle bus otomatis nyetir ini. Baik untuk kesiapan bus nya maupun infrastruktur pendukungnya seperti sensor sensor yang dipasang di halte atau bus stop, pada lampu lalu lintas dan marka jalan.

Pengoperasian self-driven shuttle bus ini didukung oleh platform API Connected Urban Transport (CUT) besutan Ericsson.

Bus yang full electric ini bisa menampung 11 penumpang, tanpa biaya alias penumpang gratis naik dan  untuk bisa naik cukup order tiket melalui aplikasi di smartphone. Asik yak? Kecepatannya hingga 24 kmpj dalam kondisi cuaca tidak ideal.

Bahkan canggihnya lagi, shuttlebus yang merupakan kerjasama dari perusahaan telekomunikasi Ericsson dengan perusahaan publik transportasi lokal di Swedia ini mengimplementasikan jaringan 5G.

Ini satu langkah kemajuan lagi dari proyek inovatif Drive Sweden yang diluncurkan tahun 2015 oleh pemerintah Swedia, menyusul beberapa negara lain seperti Belanda yang duluan mengimplementasikannya, seperti yang diceritain newsatlas.com

 

Kepo kan gimana kerjanya bus otomatis ini? Simak nih videonya yang dipinjem dari youtube dibawah atau kalo ngga bisa diputer coba klik disini masbray.

 

Kalo di Indonesia, kapan ya bisa secanggih ini transportasi umumnya? Sepertinya masih jauh banget masbray mbakshay… pake google map aja masih nyasar ke gang selokan ditambah kesadaran driver dan rider akan berkendara respek dan safety masih minim banget… yang ada malah resiko tinggi tar bentar bentar bus ngerem mendadak kaget ruteny dipotong hehehe.

Tapi yang jelas semakin hari ada kemajuan dan perbaikan soal kebutuhan dasar transportasi masyarakat di Indonesia, kelihatan kan pembangunan infrastruktur dimana mana, kendaraan listrik juga baru mulai bergerak di tanah air.

Marilah dukung dan berdo’a untuk kebutuhan transportasi massal yang lebih baik, semoga lancar pembangunannya dan cepat selesai cepat bisa dinikmati… udah capek macet macetan kan…

 

Semoga informasinya bermanfaat.

~ Keep Respect n Safety!

Regards,

Ramadhi H

otoborn.com

email (private): ramadhi.harimurti@gmail.com

email (official): otoborn@gmail.com

facebook: ramadhi.harimurti | page: @otobornblog

twitter: ramadhi harimurti | @otoborn

instagram: otoborn

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.