Advertisements

Dari ASTRA, Indonesia Punya Instruktur Bersertifikasi Meister Lulusan Jerman

O to Born ~Salah satu dari sembilan yayasan Grup Astra kembali memberikan kontribusi nyata dan kuat bagi sejarah Indonesia. Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) yang didirikan tahun 1995 silam mengawasi penyelenggaraan Politeknik Manufaktur (Polman) Astra  sebagai sebuah lembaga pendidikan yang profesional di bidang teknologi, khususnya otomotif dan sumber daya alam, untuk menghasilkan lulusan yang handal dan terampil.

Tidak main main, keseriusan Polman Astra terbukti dalam pencapaian tahun 2017 ini yang telah mencetak instruktur bersertifikasi Meister di Jerman.

Cicilan Kredit PCX Lokal ABS Indonesia 2018

Polman Astra mengirimkan dua intruktur untuk mengikuti ujian kualifikasi Meister di bidang Automotive Maintenance di Jerman pada bulan Maret 2017 lalu. Elroy Fransiskus dan Marco Adibrata yang sebelumnya mengikuti program persiapan kualifikasi Meister di Alfons Kern Schule (AKS) di kota Pforzheim, Jerman sejak Februari 2016, dinyatakan lulus meskipun memiliki keterbatasan dari segi bahasa, kultur dan kesenggangan kompetensi.

DIY: Coba Atasi Sendiri Masalah Tensioner Automatic Adjuster Kurang Nonjok

Ini merupakan catatan sejarah pencapaian anak bangsa yang berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan vokasi dan profesi  dengan pengakuan tertinggi terhadap kualifikasi kompetensi profesional dan vokasi di Jerman. Tentu saja hasil yang membanggakan, tidak hanya bagi Polman Astra dan Astra, namun bagi Indonesia. Bentuk kontribusi nyata dari Astra untuk bangsa.

Di Jerman sendiri, eksistensi profil kompetensi Meister otomotif merupakan bagian regulasi pemerintah dalam standar bisnis after sales untuk semua prinsipal otomotif, baik dari Jerman maupun negara – negara lain. Setiap bengkel perlu dipimpin oleh seseorang yang bersertifikat Meister guna menjamin kualitas layanan after sales dan kepuasan konsumen. Dan Indonesia sekarang punya tiga staf pengajar Polman Astra bersertifikasi Meister setelah Elroy dan Marco berhasil menyelesaikan pendidikan program Meister bidang otomotif di AKS ini.

Tips Trik Mengambil Data Dari Smartphone Yang Rusak Layar Dan Tidak Terdeteksi Di Laptop

Pentingnya pendidikan vokasi di Indonesia disadari oleh pemerintah agar institusi pendidikan tinggi vokasi seperti Polman Astra menyelenggarakan pendidikan vokasi yang kualitas dan polanya setara dengan negara – negara maju seperti Jerman.

Dalam proses memenuhi harapan dari pemerintah, hingga November 2016 lalu Polman Astra telah meluluskan 2.922 ahli madya dari 24 provinsi di seluruh Indonesia, dan dalam 5 tahun terakhir Grup Astra menyerap rata – rata 63% dari lulusan Polman Astra. Nah, artinya kurikulum yang dijalankan oleh Polman Astra sudah kontekstual dan sejalan dengan kebutuhan industri serta memiliki kualitas proses pendidikan bermutu.

Cicilan Kredit PCX Lokal CBS Indonesia 2018

Sekilas mengenai program ini, merupakan tindak lanjut nota kesepahaman yang ditanda tangani di Jakarta pada 5 Mei 2015 antara Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI) yang menaungi Polman Astra dengan Alfons Kern Schule (AKS) untuk pengembangan pendidikan tinggi vokasi hingga jenjang Meister. Kerja sama yang disepakati hingga tahun 2020 mendatang ini juga didukung oleh German-Indonesia Chamber of Industry and Commerce (EKONID-AHK).

Dengan prestasi ini, rencana pengembangan program Meister otomotif di Polman Astra akan dapat direalisasikan, dengan menyinergikan kompetensi ketiga Meister Polman Astra dengan kompetensi praktisi bisnis after sales Astra, mencakup bidang teknikal, manajerial dan administrasi bisnis yang secara konten akan disesuaikan dengan konteks bisnis Astra dan Indonesia.

Fungsi Dan Letak LAT Atau Lifter Assy Tensioner Pada Mesin

 

Pastinya, dengan program yang terus konsisten dijalankan oleh Polman Astra ini akan memberikan dampak positif bagi Indonesia , dimana pelayanan di bisnis aftersales bisa lebih komprehensif dan sistematis dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Semoga informasinya bermanfaat.

 

 

 

~ Keep Respect n Safety!

Regards,

Ramadhi H

otoborn.com

email (private): ramadhi.harimurti@gmail.com

email (official): otoborn@gmail.com

facebook: ramadhi.harimurti | page: @otobornblog

twitter: ramadhi harimurti | @otoborn

instagram: otoborn

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: