Mengatasi Kamera Aksi Yi Mati Tanpa Sebab

Mengatasi Kamera Aksi Yi Mati Tanpa Sebab

O to Born ~ Rekan biker autolover anak jaman now mbah sedulur satuaspal sekalian, mungkin ada yang mengalami permasalahan mirip seperti yang otoborn hadapi belum lama ini.

Ini soal aksi, dan ini tentang kamera… bukan yang lain. Yups… kamera aksi yang saat ini mulai menjadi teman berjuang otoborn.

Jadi gini critanya…

Yi Action Camera atau kamera aksi Yi yang baru dipakai beberapa kali semenjak hadir di pelukan otoborn tiba tiba ngambeg ngga mau hidup. Semua lampu indikator mati ketika diraba… eh disentuh dan ditekan tekan maksudnya. Awalnya dikira baterai habis total akibat setting parameter terakhir ngga berhasil (baca sub penyebab mati), maka dicas lah menggunakan kabel micro usb dari paket bawaannya, karena ngga ada head chargernya, maka digunakan kepunyaan modem bolt expired cem ceman otoborn juga. Ditunggu sekitar 15 menit cuma untuk ngecek ada ngga sisa sisa nafasnya, ternyata ngga ngaruh… ngga mau nyala juga. Waduhh…

PENYEBAB MATI ?

Ini yang ngga pasti, seingetnya sih sebelum mati sempat coba utak atik setting kamera dari hape, biar irit baterai (Yi terkenal boros baterai) indikator led ngga semua nyala benderang, dan indikator suara dikecilkan. Setelahnya yang terakhir banget sebelum ketiduran di teras, setting parameter auto off camera jika tidak ada aktivitas selama 10 menit. Dan tertidurlah hingga menemukan keesokan paginya Yi ngga mau diajak syuting mondori nganter anak sekolah.

Hasil googling, rupanya udah kebiasaan Yi seperti ini. Mati tanpa sebab dan disebut mati suri. Diluar sebab lain seperti flash firmware atau terkena air.

SOLUSI ?

Ada beberapa cara yang bisa dicoba, dan konsen otoborn awalnya adalah reset. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Cas baterai menggunakan Desktop Charger

Lepas baterai dari Yi, lalu cobalah mengisi daya dari Desktop Charger. Kebetulan untuk melengkapi alat perang, otoborn tambahkan Desktop Charger ini ke tools wajib dimiliki. Setelah beberapa lama dan daya dikira kira terisi cukup, coba pasang lagi ke Yi dan coba hidupkan. Kalau hidup, selamat ya… cuma habis baterai. Tapi tetap cari tau kenapa ngga mau dicas pakai kabel langsung.

Lepas Baterai Beberapa jam

Maksudnya bukan lepas beberapa baterai jam dirumah loh yaa… Jadi gini… Seandainya yakin baterai Yi ada isinya tapi Yi masih males bangun, coba lepas baterai Yi selama beberapa jam dari Yi. Hal ini untuk memutus total aliran daya, dan harapannya sisa daya di komponen Yi habis total. Setelah beberapa jam (otoborn coba sekitar 36 jam), pasang kembali baterai. Misalnya baterai juga dipastikan sudah terisi dari Desktop Charger. Coba hidupkan, selamat kalau mau bernafas lagi.

Kalau belum bisa juga, jangan dibanting bray dulu bray. Coba langkah berikutnya.

Reset Factory

Ini salah satu yang bisa dilakukan, urung segera dilakukan karena kuatir setelah kembali ke setelan pabrik menunya malah jadi huruf huruf kanji… parno aja. Tapi Bismillah… dengan menekan tombol Power + wifi berbarengan selama 5 detik, terdengar bunyi ‘beep’… ngga seperti sebelum sebelumnya. Setelah bunyi hilang, lepas tombol dan biarkan beberapa saat. Dan setelah itu langsung coba tekan tombol power untuk hidupkan. Viola!! Jeng jeng!!! Semua indikator lampu nyala, seperti awal masih baru datang.

Cek kondisi dan fitur melalui smartphone dan normal dan ngga mendadak jadi turis asing berbahasa mandarin hehehe

Kalau ngga bisa melek juga gimana? Stopp!! Tahan… jangan dibuang dulu.

Short / Jumper

Metode ini perlu buka casing depan, dan pada dasarnya kita menjumper bypass tombol power agar mau menyala dahulu sebelum ditindak lebih lanjut. Metode ini perlu pc atau laptop.

Tapi… diceritainnya ngga sekarang ya… karena bukan pengalaman pribadi dan ambil referensi dari situs lain. Nanti coba digarap ceritanya.

Selamat mencoba tipsnya, semoga manfaat dan menjadi Solusi Tanpa Raisa.

~ Keep Respect n Safety

Oh iya, semua foto di blog ini silahkan dimanfaatkan dengan baik, kalo comot buat media lain tolong demi Tuhan jangan lupa referensinya ke halaman ini. Saya bagikan gratis, karena saya juga dapet pengalaman dan ilmunya gratis. Semoga bermanfaat.

Thanks udah mampir ke channel YouTube OtoBorn yaks

Iklan

2 pemikiran pada “Mengatasi Kamera Aksi Yi Mati Tanpa Sebab

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s