NGK Ajak Komunitas Toyota Kijang sahring soal teknis Busi

O to Born ~ NGK Busi Indonesia terus merangkul para pengguna setianya. Hari Sabtu, 16 September 2017 NGK Busi mengundang komunitas Toyota Kijang Club Indonesia (TKCI) dan Kijang Kapsul Club Indonesia (KKCI) ke kantor NGK untuk mempelajari busi secara teknis. Turut hadir juga di acara ini, Mr Hisato Kato President Director PT. NGK Busi Indonesia dan Shiro Ito, Technical Support dari NGK Jepang.

Berbeda dengan kunjungan pabrik alias factory visit yang sudah biasanya diadakan PT. NGK Busi Indonesia, kali ini para komunitas diminta untuk mempelajari busi secara lebih dalam lagi.

Temanya: Exclusive Coaching Clinic KOMUNITAS TOYOTA KIJANG

Diko Oktaviano, Technical Support PT. NGK Busi Indonesia sharing pengetahuannya mengenai cara membaca kondisi busi dan apa yang harus dilakukan oleh pemiliknya.

Acara dibagi menjadi 2 sesi, teori dan praktek. Antusiasme para komunitas sangat terlihat, pada saat sesi teori banyak pertanyaan yang diajukan para peserta pada team NGK terkait pemakaian dan modifikasi busi. Beberapa pertanyaan dijawab langsung oleh Shiro Ito, Technical Support NGK Japan. Dan spesialnya lagi, pada saat sesi praktek sebagian besar dari mobil para pecinta Toyota Kijang ini diganti dengan busi NGK tipe precious metal. Sebelum busi tersebut diganti, para peserta diperlihatkan kondisi busi bekas yang sedang terpakai dan dijelaskan kondisinya. Dari tanda-tanda noda pada insulator, warna elektroda yang menghitam maupun kondisi guratan-guratan carbon yang mengendap, bisa juga menjadi tanda bahwa ternyata ada komponen mesin lain yang mengalami kerusakan.

Pada saat praktek bukan hanya mempelajari cara membaca kondisi busi, bahkan team NGK juga berbagi pengetahuan tata cara membuka dan memasang busi yang benar. Hal yang terlihat sepele akan tetapi jika diabaikan maka bisa jadi pe er tambahan bagi pemiliknya.

Misalnya jika melepas busi yang terpasang dengan cara yang tidak benar, maka insulator dapat patah dan patahannya tertinggal di dalam, ataupun jika pemasangannya tidak benar sehingga busi terpasang miring atau kurang kencang maka bisa mengakibatkan pengapian tidak maksimal atau bahkan mobil tidak dapat dihidupkan.

Nah, pe er banget khan!

Acara yang berlangsung setengah hari ini selesai dengan foto bersama komunitas KKCI & TKCI bersama team NGK. Cekdisot foto2nya yaks

Advertisements

3 Comments

    1. Cuma bisa posting remote, memberi tanpa menerima deh hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.