Desa Tegalrejo Gendangsari Diresmikan Sri Sultan Hamengkubuwono X Jadi Model Desa Wisata Budaya

Desa Tegalrejo Gendangsari Diresmikan Sri Sultan Hamengkubuwono X Jadi Model Desa Wisata Budaya

Otoborn –  Berawal dari sebuah keinginan untuk mengenalkan potensi Desa Tegalrejo ke masyarakat luas, PT. Astra International Tbk melalui Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) menjadi penggagas utama untuk merintis sebuah desa wisata budaya berkolaborasi dengan paguyuban komite sekolah dan masyarakat yang ada di Desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dalam acara “Pesona Gedangsari”.

Bersama Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal 30 Agustus 2017 lalu YPA-MDR meresmikan Desa Tegalrejo sebagai Desa Wisata Budaya.

Simak: Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank

Dalam acara ini Bupati Kab. Gunungkidul Badingah, eksekutif dan manajemen Grup Astra turut hadir.


Lihat lihat : Foto Turing Kemerdekaan RI ke Rengasdengklok

“Kecamatan Gedangsari di Gunungkidul ini akan menjadi model pusat pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui potensi desa wisata yang dipadukan dengan budaya,” ujar Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X yang meresmikan “Rintisan Desa Wisata Budaya Tegalrejo, Gedangsari”.

Astra International melalui YPA-MDR sejak 2006 mendukung pendidikan di D.I.Y. sebesar Rp. 48 miliar yaitu Rp. 39 miliar untuk Gunung Kidul dan Rp . 9 miliar untuk Bantul. Dukungan senilai Rp. 48 miliar tersebut dalam bentuk pembangunan fisik, pembinaan, pelatihan, bantuan donasi, sarana dan prasana untuk pendidikan atau Astra Untuk Indonesia Cerdas.

Ketua Pengurus YPA-MDR Arietta Adrianti menambahkan pembentukan desa wisata budaya ini merupakan wujud konkrit kepedulian Astra melalui YPA-MDR di Kab. Gunungkidul sejak 10 tahun yang lalu. “Dunia pendidikan mampu berperan dan berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat Gedangsari, khususnya Desa Tegalrejo dimana terdapat 6 SDN, 1 SMPN, dan 1 SMKN Binaan Astra menuju ekonomi kerakyatan,” tuturnya.

Pemecahan Rekor MURI

Bersamaan dengan acara Pesona Gendangsari juga diserahkan 2 Piagam Pemecahan Rekor MURI Pertama: Membatik Lintas Generasi/Usia Pertama di dunia dan Pagelaran Busana Pertama di Wanajati yang pertama di Indonesia oleh Museum MURI kepada YPA-MDR, Bupati Gunungkidul Badingah, serta Indonesia Fashion Chamber (IFC) dan disaksikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Kampung Batik

Di Kab. Gunungkidul, dusun-dusun di Gedangsari memiliki para pembatik yang sangat berkembang dan para pembatiknya telah mendapat sertifikasi oleh Disnaker Yogyakarta, bahkan Kec. Gedangsari memiliki motif batik khas yang telah dipatenkan. Batik merupakan potensi daerah yang sudah dikenal untuk Yogyakarta. Maka kehadiran Kampung Batik dalam rangkaian acara “Pesona Gedangsari” sangat pas, mengingat banyaknya karya siswa binaan SD hingga SMKN, serta para UKM Batik Gedangsari yang sudah berkiprah dalam berbagai pameran, promosi, dan penjualan di tingkat daerah hingga taraf internasional.

Gerakan Penanaman Pohon dan Lab Zat Pewarna Alam

Acara pun dilanjutkan di SMKN 2 Gedangsari untuk melakukan Gerakan Penanaman Pohon Zat Pewarna Alam oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X, Arietta Adrianti, Badingah, Head of Environment, Social & Responsibility PT. Astra International Tbk Riza Deliansyah, Lions Clubs, FIF dan Camat Gedangsari dan diakhiri dengan kunjungan ke Laboratorium Zat Pewarna Alam SMKN 2 Gedangsari.

Selain itu, masyarakat yang hadir dihibur oleh penampilan Parade Seni dan Budaya Gedangsari seperti Wayang Kulit dan Reog Jatilan, pameran kearifan lokal kerajinan produk seperti kerajinan akar bambu dan Kampung Batik, serta makanan olahan seperti makanan berbahan Garut/Kairut, Pisang, Singkong, dan lain-lain.

Silahkan sedot fotonya jangan lupa sertakan sumber yak ke halaman otoborn ini. Video bisa dilihat di facebook dan Instagram.

———–

Keep Respect and Safety, brayy!

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s