Daftar Pemenang Lomba Permainan Tradisional di Kampung Berseri Astra Ciganjur

Otoborn – Akhir pekan lalu ada yang seru di Kampung Berseri Astra (KBA) Ciganjur, Jakarta Selatan karena PT. Astra International Tbk mengadakan kegiatan lomba mengusung tema “Permainan Untuk Anak Negeri”.

Rangkaian kegiatan ini dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional 23 Juli lalu dan hari Kemerdekaan RI ke-72 yang kegiatan puncaknya tanggal 28 Agustus 2017 kemarin, diharapkan kegiatan Astra ini dapat mendorong dan memperkuat kebersamaan serta menanamkan sikap gotong royong sejak dini pada anak.

Simak: Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank

Festival Permainan Tradisional Berseri ini merupakan salah satu rangkaian dari Festival KBA se-nusantara yang dilaksanakan sebagai bentuk program aktivasi kegiatan di berbagai lokasi KBA.



Lihat lihat : Foto Turing Kemerdekaan RI ke Rengasdengklok

Oh iya, apa sih KBA itu? 

Kampung Berseri Astra (KBA) merupakan program tanggung jawab sosial Astra yang diimplementasikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program tanggung jawab sosial Astra, yakni Kesehatan (Astra untuk Indonesia Sehat), Pendidikan (Astra untuk Indonesia Cerdas), Lingkungan (Astra untuk Indonesia Hijau), dan Kewirausahaan (Astra untuk Indonesia Kreatif).

Melalui program KBA ini, masyarakat dan Astra dapat berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang berseri (bersih, sehat, cerdas, dan produktif), sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat di wilayah KBA. Saat ini, Astra telah membina 64 KBA di 27 provinsi seluruh Indonesia. Banyak yak…

Festival Permainan Tradisional Berseri

Pada acara ini diadakan perlombaan permainan tradisional anak meliputi Egrang, Hadang/Gerobak Sodor, Terompah Panjang, Dagongan dan Jalan Balok, yang diikuti oleh anak-anak dari 13 KBA di area Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jadetabek).

KBA tersebut adalah KBA Kebon Jeruk (Jakarta Barat), KBA Cengkareng Timur (Jakarta Barat), KBA Kebon Pala (Jakarta Timur), KBA Warakas (Jakarta Utara), KBA Sunter Jaya (Jakarta Utara), KBA Rawajati (Jakarta Selatan), KBA Rawasari (Jakarta Pusat), KBA Pulau Pramuka (Kepulauan Seribu), KBA Pinang (Tangerang), KBA Lengkong Kulon (Tangerang), KBA Bhakti Jaya (Depok), KBA Pekayon (Bekasi) dan KBA Ciganjur (Jakarta Selatan).

 

Selain itu, dalam rangkaian acara ini dibawakan juga kesenian adat Betawi berupa tarian tradisional, yang para penarinya adalah siswa-siswi di KBA Ciganjur. Mereka adalah pemenang lomba tari dalam Gebyar RPTRA 2017 lalu.

Secara khusus, kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk komitmen Astra untuk sekaligus membudayakan permainan tradisional anak agar dikenal oleh generasi milenial, terutama warga KBA.

Pemenang Lomba Permainan Tradisional Anak

Ini dia para pemenang lomba permainan tradisional anak:

  1. Permainan Hadang: Juara 1 KBA Sunter Jaya, Juara 2 KBA Cengkareng Timur, Juara 3 KBA Warakas
  2. Permainan Terompah Panjang: Juara 1 KBA Bhakti Jaya, Juara 2 KBA Kebon Jeruk, Juara 3 KBA Pulau Pramuka
  3. Permainan Egrang: Juara 1 KBA Lengkong Kulon, Juara 2 KBA Pekayon, Juara 3 KBA Sunter Jaya
  4. Permainan Dagongan: Juara 1 KBA Cengkareng Timur, Juara 2 KBA Ciganjur, Juara 3 KBA Lengkong Kulon
  5. Permainan Jalan Balok: Juara 1 Warakas, Juara 2 Lengkong Kulon, Juara 3 Pekayon

Juara umum Festival Permainan Tradisional Berseri ini diperoleh KBA Lengkong Kulon dan KBA Cengkareng Timur.

 

Apresiasi Lomba Mural Astra

Astra juga memberikan apresiasi kepada para peserta lomba mural Astra se-Jadetabek yang terdiri dari mahasiswa-mahasiswi universitas dan perguruan tinggi.

Ini dia para pemenang lomba mural Astra:

  1. Juara 1: Big Box dari Binus University
  2. Juara 2: Mikey dari Binus University
  3. Juara 3: RC One dari Raffles College

 

 

Silahkan sedot fotonya jangan lupa sertakan sumber yak ke halaman otoborn ini. Video bisa dilihat di facebook dan Instagram.

———–

Keep Respect and Safety, brayy!

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”news” posts_per_page=”15″]

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.