Otoborn – Lebaran sebentar lagi, biasanya fokus kita bakal terbagi bagi nih karena bakalan ribet urusan belanja lebaran, persiapan mudik, mengatur jadwal kerjaan atau project supaya sesuai target yakni sebelum liburan datang atau sampai atur jadwal buka puasa bersama klien yang membludak. Nah, perlu juga diperhatikan, 8 Langkah Hindari Penipuan Akun Bank Jelang Liburan

Mampir gan:

Galeri World Preview BMW 8 Series Coupe Concorso Concept

Namanya liburan kan maunya senang senang. Bagi yang terbiasa menikmati kepraktisan bertransaksi menggunakan online banking di smartphone kesayangan, bisa jadi lengah karena otak kita dipenuhi berbagai hal. Jangan sampai lengah 5 detik, isi rekening amblas 5 Milyar bray!

Lihat juga: Jadwal Balik Mudik Bareng Honda Simak Nih Bray!

Makanya mari simak 8 Langkah Hindari Penipuan Akun Bank Jelang Liburan.

Abaikan Telepon yang mengaku dari operator seluler atau pihak Bank yang memberitahukan ada perubahan kebijakan transaksi, misalnya perubahan tarif online atau sms banking dikenakan biaya bulanan. Modus itu!

Pengumuman resmi hanya via email resmi atau publikasi di website resminya.

Awas: Waspadai SIM SWAP, Penipuan Mengatasnamakan Operator Seluler Dan Bank !

Hubungi Contact Center kalo menemukan ada transaksi mencurigakan, ingat hubungi ke nomor yang terdaftar dan pastikan nomornya benar. (Pastikan langsung momor yang benar ke bank terkait atau lihat situs resmi atau dibalik kartu bank yang anda punya). Nanya nanya perbankan sebaiknya jangan via sosial media deh biar lebih pasti telpon aja atau datang langsung.

Ngga jarang juga otoborn terima sms sampai telpon pengaduan transaksi perbankan, padahal bukan pegawai bank cuma share tulisan aja :lol

Simak juga: Laporkan Kasus Penipuan SMS Atau Transaksi Online Ke Polri Cyber Crime

Pastikan Ada Tanda Gembok yang artinya menggunakan enkripsi keamanan saat akses situs online banking dan pastikan url situsnya sudah benar. Salah satu teknik penipuan yaitu membuat situs yang sangat mirip dengan situs online banking aslinya, kalo kondisi terburu buru mau transaksi atau kurang konsentrasi bisa dengan mudah terjebak modus penipuan.

Seletih apapun mata dan fikiran, jangan lupakan kejelian.

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

Pasang Anti Malware dan Antivirus di gadget dan komputer yang biasa digunakan bertransaksi online. Ngga sekedar pasang terus pasrah, pastikan selalu terupdate. 

Dengan disiplin melakukan update berkala, anda udah melakukan salah satu langkah pencegahan terbaik.

Hindari Menggunakan PC Umum dan Koneksi Hotspot Wifi Umum ketika mengakses online banking, juga ketika bertransaksi. Lebih baik gunakan jaringan operator seluler yang biasa digunakan dan aman. Salah satu cara penipu mendapatkan password dengan cara mensabotase jaringan wifi loh! 

Bukan mau su’udzon, biasakan berusaha menghindari kemungkinan terburuk aja.

Baca juga: Tips Mudik Yang Sering Diabaikan, Sepele Tapi Boleh Juga Diterapkan

Hindari Buka Link atau Tautan Ngga Jelas di internet atau email. Salah satu cara mengusir kebosanan ditengah perjalanan liburan memang browsing sih, dan inilah yang dimanfaatkan penipu untuk mendapatkan data akun password dan lain lain. Biasanya dengan cara menebar link tautan di website misalnya pada iklan, pada referensi artikel, pada judul atau lainnya.

Ingat, yang menarik belum tentu baik.

Jangan Berikan User ID, PIN, Password kepada siapapun melalui media apapun dengan alasan apapun. Termasuk kepada rekan, kerabat, saudara, atau operator bank sekalipun. Untuk yang satu ini yang paling benar adalah Trust No One !

Karena penipuan ngga selalu terjadi karena niat aja, bisa jadi diawali karena ada kesempatan!

Intip: Simak Peraturan Ikut Mudik Balik Bareng Honda 2017

Pastikan Anda Sendirian atau Aman ketika sedang bertransaksi menggunakan gadget atau PC, jangan berikan kesempatan pada siapapun mengintip bahkan melihat yang anda kerjakan.

Langkah preventif ini sangat penting, saat melakukan transaksi keuangan musuh terbesar bisa jadi orang terdekat.

So, jangan biarkan lengah menguasai dan letih mengintimidasi. Tetap waspada dan jadikan liburan menyenangkan.

Okeh bray? Met liburan yak!

———–

Keep Respect and Safety when Riding !

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

otoborn[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Facebook page: otobornblog

Instagram: otoborn

Twitter: @otoborn


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Modification”,”yamaha” posts_per_page=”15″]

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.