Otoborn – Ngga berasa udah mau Lebaran lagi nih bray. Buat mudikers, udah prepare dong nih… karena selain kudu siap fisik, perlu juga antisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi selama perjalanan mudik. Ada nih otoborn punya Tips Mudik Yang Sering Diabaikan, Sepele Tapi Boleh Juga Diterapkan.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Rekan mudikers angkutan massal  yang udah gak sabar mau ngehabisin duit THR di kampung halaman, agar mudik lebih nyaman, boleh lah luangkan waktu baca sebentar aja.

Cekdisrot!


Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Siapkan Fisik , Kalau Sakit Jangan Nekad

Pastikan fisik fit sebelum berangkat. Jaga makan sahur dan berbuka jangan sampai telat atau berlebihan agar badan siap diajak jalan jauh. Kalo lagi kurang sehat misal cuma flu sedikit boleh lah, tapi kalo sampai demam tinggi badan lemas yang kira kira butuh istirahat lebih dan penanganan khusus mending tunda atau batal aja bray…

Jangan maksain diri daripada gagal ketemu kerabat di kampung selamanya. Uang yang udah dikeluarkan utk persiapan sebelumnya bisa dicari gantinya, lahh kalo nyawa? Kasihan yang nungguin loh.

 

Koordinasi Dengan Rekan Atau Kerabat

Cuma mudik sih, bukan menyambut Presiden, tapi koordinasi itu perlu. Sempetin ngobrol seputar rencana berangkat berbagi tugas dengan rekan atau kerabat atau koordinasi dengan kerabat dikampung mengenai keberangkatan, perkiraan tiba atau apa aja yang perlu disiapkan bersama

 

Catat Alamat Dan Kontak Rekan Kerabat Serta Identitas

Ini sepele, tapi bisa jadi paling kita butuhkan ketika mau menghubungi rekan kerabat tapi handphone dan power bank ngga bisa diandalkan. Catat di secarik kertas dan simpan di lokasi yang mudah dijangkau dan ditemukan misalnya dompet… kalo bisa nempel di badan deh. Sebelumnya pastikan kontaknya bisa dihubungi ya

 

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Barang Bawaan Seminim Mungkin

Bawa barang yang sekiranya memang perlu dibawa aja seperti pakaian atau oleh oleh seperlunya, ngga perlu lah bawa kompor, kulkas, atau lemari.

Kalo ada barang bawaan yang terlalu besar atau berat, perlu juga pertimbangkan jasa ekspedisi atau kirim paket biar mudik lebih nyaman.

 

Pisahkan Bawaan Aktif Dari Barang Bawaan Lainnya

Barang bawaan yang sekiranya aktif atau bakalan sering digunakan, sebaiknya pisahkan dalam satu wadah atau tas sendiri. Gak usah gede gede tasnya, dan kalo bisa nempel terus di badan.

Yang penting muat untuk bawaan seperti misalnya handphone, power bank, charger, atau printilan lain. Jadi sewaktu waktu butuh, ga perlu bongkar bongkar tas bawaan lainnya. Apalagi sampe sibuk bongkar bagasi. Beuuhhh… beibehhh…

 

Sedia Minyak Angin Dan Obat Obatan

Namanya mudik pasti bakal padat, jauhnya jarak tempuh bakal di tambahin nikmat dengan kemacetan yang normal terjadi di momen momen seperti ini, bikin waktu jadi melar badan gampang pegal. Resiko masuk angin pula.

Kalo biasa pakai, sediakan minyak angin atau aromaterapi di tas kecil tadi. Jangan lupa obat ringan seperti obat sakit kepala, anti mual, magh, sakit perut, obat merah atau salep luka bakar dan lainnya yang sekiranya mungkin dibutuhkan. Jangan Narkoba yak!

Tips Mudik Yang Sering Diabaikan, Sepele Tapi Boleh Juga Diterapkan.

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

Selipkan Permen Dan Receh

Buat apa permem dan receh? Permen yang sesuai selera bisa membantu mengurangi mual atau lapar. Kalo mau boleh juga sebatang dia batang cokelat atau wafer cokelat buat darurat.

Kalo puasa, kan bisa juga buat membatalkan pas jam buka. Meskipun mungkin ada snack dari penyelenggara (bagi yang ikut program mudik bareng), ga ada salahnya jaga jaga. Tips Mudik Yang Sering Diabaikan, Sepele Tapi Boleh Juga Diterapkan.

Kalo receh buat apa? Siapkan aja dulu, siapa tau kepakai pas mampir ke toilet umum atau mau beli sesuatu yang nilainya kecil.

 

Beri Label Barang Bawaan

Kalau diperlukan, tas atau barang bawaan bisa diberi label atau tanda misalnya kode nama unik dan daerah, bahkan nomor urut, pake isolasi kertas aja kalo ngga mau ribet.

Jadi cuma perlu inget inget kode nama dan berapa banyak bawaannya ketika lagi desak desakan cari barang bawaan yang ngumpul jadi satu sama kepunyaan orang lain selagi tiba di kota tujuan. Mengurangi resiko barang tertinggal.

Pastiin juga masing masing tertutup rapat atau terpacking dengan baik.

 

Pampers

Pampers? Yaa kali aja situ masih doyan ngompol atau udah ngga beres sistem organ yang satu ini… Asal siap sumuk aja deh… :lol

Bagi wanita sih pastinya ngga lupa ya sedia pembalut antisipasi si dia datang di tengah macetnya jalan.

 

Fokus Dan Jangan Terburu Buru

Ingat, ngga perlu terburu buru, tetap fokus jangan sampai salah bawa barang orang apalagi anak gadis orang… menang banyak itu namanya.

Antara niat sama salah fokus beda tipis :lol

 

Gimana, sebentar doang kan bacanya? Gitu dong bray… baca sampe tuntas…

Sepele memang semua Tips tadi, tapi ngga ada salahnya kan diterapkan. Supaya mudik lebih nyaman.

Bagi yang mudik, semoga senantiasa dalam perlindungan-Nya dan bisa berkumpul bersama kerabat di kampung halaman. Aamiin.

 

   

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Modification”,”suzuki” posts_per_page=”15″]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

37 Comments






































Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.