Cerita Unik Dari Waduk Manggar

Otoborn – Sedikit cerita unik dari Astra nih… Dari kegiatan Astra Gowes!

Suasana mendung di jembatan panjang kokoh dan menawan di atas Waduk Manggar pada Minggu pagi itu berbeda dari biasanya.

Di tengah jembatan yang membelah Waduk Manggar, satu per satu terlihat 300 pesepeda yang mengayuh dengan semangat.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Bernama Jembatan Panjang DAS Manggar, adalah jembatan ketiga sepanjang 160 meter dengan lebar 2 meter dan membelah RT 25 dan RT 26, KM 14 & KM 15, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan, setelah jembatan kayu kedua dan jembatan beton pertama terendam air dengan kedalaman 4-5 meter dari Waduk Manggar.

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Waduk Manggar yang merupakan kawasan Kampung Berseri Astra (KBA) dipilih sebagai lokasi perhentian akhir lomba Astra Gowes Berseri, yaitu aktivitas bersepeda sehat sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam perayaan HUT 60 Astra selama 3 hari (19-21 Mei 2017) di kota Balikpapan. Rute ini sengaja dipilih untuk mengenalkan KBA lebih jauh kepada masyarakat umum.

 

 

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Di antara 300 pesepeda yang mengikuti Astra Gowes Berseri, ada Suprapto (65) yang merupakan pesepeda paling senior. Dia aktif mengikuti lomba gowes selama 4 tahun terakhir ini.

Jembatan Panjang Manggar dipilih sebagai rute Astra Gowes Berseri karena masih merupakan area Kampung Berseri Astra, salah satu program Astra yang secara konsisten dijalani bersama dengan masyarakat untuk mewujudkan wilayah yang sehat, bersih, cerdas, dan produktif dalam bentuk pembinaan dan pemberdayaan.

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

 

Selain itu, Waduk Manggar juga memegang peran penting dalam kehidupan masyarakat Balikpapan. Waduk Manggar ini menjadi sumber air yang mengalirkan kebutuhan air untuk kota Balikpapan. Karena itulah, warga Desa Pati dituntut untuk menjaga kebersihan desa dan waduknya.

Desa Pati dipilih sebagai desa pengembangan Kampung Berseri Astra karena memiliki karakter penting untuk pengembangan daerah yaitu, nuansa paguyuban, gotong royong serta memiliki program pemberdayaan warga yang sesuai dengan 4 pilar CSR Astra yaitu, Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan dan Kewirausahaan.

Pengembangan KBA Pati mencakup 4 pilar CSR seperti donasi untuk 5 posyandu yang ada di 5 RT Kelurahan Karang Joang (Kesehatan), pembangunan Rumah Pintar dan Sekolah Adiwiyata, pemberian beasiswa untuk anak-anak SD, SMP dan SMA (Pendidikan), perbaikan dan penataan Waduk Manggar sehingga lebih cantik dan bersih (Lingkungan) serta pembinaan UMKM bagi warga, seperti sentra sayur dan buah di samping membina pembuatan kain majun yang dibeli oleh Grup Astra (Kewirausahaan).

Disini, sekarang, katanya, banyak digunakan sebagai tempat pre-wedding bagi kalangan yang mau menikah serta lokasi foto alam yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar dan Balikpapan pada umumnya. Pokoknya lokasi ini sangat menarik dan unik bagi masyarakat.

Sumber: Astra

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

2 pemikiran pada “Cerita Unik Dari Waduk Manggar

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s