Bagaimana Astra Bisa Mencapai 60 Tahun? Cekidot!

Otoborn – Astra, ngga asing kan? Perusahaan besar ini menginjak usianya yang ke 60 Tahun tanggal 24 Februari 2017. Dan masih dalam rangkaian perayaan ulang tahun setelah sebelumnya PT. Astra International Tbk (Astra) menyajikan Konser Inspirasi Erwin Gutawa dan artis ibukota, kemarin, hari Jum’at 21 April 2017 Astra mengadakan bincang inspiratif.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Bertema Menggali Makna 60 Tahun Astra menghadirkan narasumber Fauzi Ichsan, seorang pengamat korporasi yang juga sebagai Kepala Eksekutif Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Deddi Tedjakumara selaku Executive Director Prasetya Mulya Executive Learning Institute bersama Tira Ardanti Head  of Investor Relation Astra membahas berbagai praktik manajemen yang membuat Astra bisa sampai 60 Tahun masih berkarya.

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Diceritakan, ngga selamanya perusahaan dalam kondisi terbaik, namun untuk mencapai usia fantastis hingga puluhan tahun ini memang membutuhkan manajemen dan sistem yang baik, terus mengembangkan sayap usaha ke sektor lain dan memanfaatkan potensi yang ada di negara ini.

Yang dilakukan Astra yakni mengembangkan sayap usaha hingga kini punya 7 lini bisnis beragam, mulai Otomotif, Agribisnis, Jasa Keuangan, Infrastruktur & Logistik, Alat Berat, Pertambangan & Energi, Teknologi Informasi serta Property sebagai yang terakhir diperkenalkan belum lama ini.

 

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Ketika kondisi bisnis perusahaan sedang turun, perusahaan melakukan penghematan dan berusaha tidak mengurangi kualitas. Operational Excellence menjadi salah satu strategi manajemen yang dijalankan dengan baik dan menghindari kesalahan sekecil apapun.

Tentunya harus didukung oleh nilai integritas, perbaikan berkelanjutan, menghilangkan mubazir, disiplin dll yang tertanam disetiap insan Astra. Karena ngga melulu tentang penghematan biaya dan peningkatan keuntungan, tetapi juga meningkatkan kepercayaan pelanggan agar tetap terjaga loyalitasnya.

Keteladanan dari para pemimpin, keterampilan, konsistensi dan disiplin perilaku juga menjadi kunci agar operational excellence bisa berjalan dengan baik, terutama dengan konsisten dalam program Corporate Social Responsibility (CSR).

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

 

Ada 4 bidang yang menjadi pilar utama CSR Astra, yakni Astra Untuk Indonesia Sehat, Astra Untuk Indonesia Cerdas, Astra Untuk Indonesia Hijau dan Astra Untuk Indonesia Kreatif. Semuanya harus konsisten berjalan.

Kebanyakan perusahaan besar mengabaikan ide ide kecil yang padahal bisa saja dikenbangkan. Nah, tugas pemimpin disini untuk memastikan bukan mematikan, karena ide ide kecil kalo dieksekusi dengan diaiplin dan berkolaborasi dengan pimpinan perusahaan lain bisa jadi bisnis baru bahkan bisa menjadi keunggulan ke tingkat lebih tinggi.

Yang menarik, insan Astra karyawan Astra dilibatkan dalam ajang inovasi, melalui InnovAstra dibiasakan mengembangkan pola fikir yang sistematis, berorientasi menyelesaikan masalah dengan cara cara inovatif. Nah yang begini dapat mendatangkan keuntungan dari berbagai sisi lain dari perusahaan.

Bagi Astra, yang terpenting setiap kegiatan yang dilakukan dimanapun bermanfaat bagi sekitarnya. Itulah prinsip Catur Dharma yang dipegang teguh perusahaan sehingga bisa mencapai usianya yang ke 60 Tahun.

Mantaff…!

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s