SATU Indonesia Awards 2017 Dimulai, Siap Siap Dapat 60 Juta Rupiah Untuk Masing Masing!

Otoborn – Baru aja selesai nih dari Kick Off SATU Indonesia Awards 2017 di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Program tahunan yang dimulai sejak 2010 silam ini menginjak tahun penyelenggaraan yang ke 8 kalinya. Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, itu namanya. Melalui program ini PT. Astra International Tbk. menjaga konsistensi mencari anak anak bangsa yang kreatif hingga mampu memberdayakan serta menggerakkan masyarakat daerah sekitar tempat tinggalnya untuk tujuan positif.

Setiap tahun dalam prosesnya selalu ada perbaikan, demi mencari mutiara bangsa yang terpendam di dasar lautan seperti perintah Semar kepada Petruk dan Gareng dalam final Awards 2016 lalu.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Seusai Bincang Inspiratif SATU Indonesia Awards 2017 bersama perwakilan Astra, Dewan Juri dan penerima awards tahun tahun sebelumnya, efektif per hari ini yakni tanggal 20 Maret, pendaftaran SATU Indonesia Awards 2017 Dimulai! Sebagai bentuk apresiasi, masing masing peserta tiap kategori yang terpilih di final Tingkat Nasional mendapat dana bantuan sebesar 60 Juta Rupiah. Woww…!

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

O iya, program tahunan ini juga diselenggarakan dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda juga, Astra berusaha mencari sampai pelosok negeri mulai dari ujung timur sampai ujung barat Nusantara. Seperti peraih Awards tahun lalu dari kategori Kelompok yang tadi juga ikut Bincang Inspiratif bareng blogger media dan komunitas yaitu Ichsan Rusydi yang mewakili kelompoknya adalah seorang pemuda Aceh yang berhasil menemukan cara efektif untuk mengembang biakkan Tiram tanpa harus membuat masyarakat petani yang memanennya berendam selama 3 jam lebih untuk mengumpulkan hasil panennya.

Dengan menciptakan Rumoh Tiram dari bahan sederhana seperti ban bekas saja, Ichsan bersama 10 mahasiswanya sekaligus membantu perekonomian masyarakat sekitarnya, dan anak anak petani pun bisa membagi waktu untuk membantu orang tuanya dan pergi Sekolah.

“Komoditi tiram adalah salah satu faktor perikanan yang termajinalkan. Awalnya kami kurang mendapat perhatian dari pemerintah, dengan hasil riset sekarang pemerintah mulai memberi perhatian lebih kepada masyarakat. Tapi yang lebih menguatkan hati adalah, SATUIndonesia Awards membuat kami lebih bersemangat dan sadar bahwa kami tidak sendiri dalam memberdayakan masyarakat.” ujar Ichsan.

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Selain Ichsan yang melakukan programnya dibawah Yayasan Kemaritiman yang dibangunnya, ada Risna Hasanuddin peraih apresiasi dari kategori Pendidikan tahun 2015 lalu yang suka rela datang dari Maluku ke Kampung Kobrey di Manokwari padahal jarak tempuhnya sekitar 5 jam perjalana. Alasannya simpel yakni karena prihatin terhadap nasib anak anak Papua, khususnya perempuan Arfak.

Mendirikan Rumah Cerdas Perempuan Arfak Papua Barat yang disebut juga Rumah Belajar, wanita berjulukan Sang Merak Dari Timur ini memiliki tujuan mulia, untuk mencerdaskan perempuan Arfak dengan membekali warga literasi pendidikan seperti membaca, menulis, berhitung dan memberi pelatihan tentang usaha kecil, menggerakkan PAUD, membuka perpustakaan , menyediakan bank sampah juga memulai wisata pendidikan.

Bukan tanpa kendala, sebagai warga asing wanita bergelar S1 bidang Pendidikan ini sempat diperlakukan tidak baik, dilecehkan secara fisik dan mental hingga dilempari batu dan nyaris diperkosa beberapa kali oleh pihak pihak yang tidak menyukainya. Namun karena banyak masyarakat Papua yang melihat sisi ketulusannya, Risna pun dipertahankan oleh mereka yang sangat membutuhkannya sehingga tekadnya semakin bulat untuk meneruskan apa yang sudah dimulainya sejak lama.

Baik Ichsan maupun Risna keduanya sedikit banyak membantu perekonomian masyarakat sekitarnya, itulah dedikasi yang nyata dari kedua Mutiara Bangsa yang kini diketemukan oleh Astra ini. Dan sampai dengan saat ini sudah 39 orang penerima apresiasi SATUIndonesia Awards dari kategori Pendidikan, Lingkungan, Wirausaha, Kesehatan, Teknologi dan yang baru berjalan 2 tahun ini yakni kategori Kelompok.

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

Fasli Jalal, Guru Besar Pascasarjana UNJ dan merupakan Wakil Menteri Pendidikan nasional RI 2010-2012 kembali menjadi salah satu dewan juri SATU Indonesia Awards 2017, mendampingi para peserta sebagai juri sejak tahun kedua Awards ini Faisal terlihat sangat bersemangat.

“Setiap tahun peserta dari berbagai kategori terus meningkat, meskipun belum merata. Saya yakin pasti masih banyak yang belum tau atau belum mau diekspose oleh media tentang kegiatannya, tapi masa sih tidak ada 1 dari 1000 orang saja yang bisa diketemukan?” ujar Fasli. Menurutnya lagi, memang ada berbagai alasan peserta akhirnya bisa ikut dalam Awards ini, salah satunya bukan mendaftarkan diri melainkan didaftarkan oleh orang lain yang mungkin juga dia tidak mengetahui siapa.  Hal tersebut menunjukkan bahwa kehadiran mereka ternyata bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

Resmi sudah, selesai Bincang Inspiratif tadi, pendaftaran SATU Indonesia Awards 2017 kembali dibuka dari 20 Maret 2017 – 10 Agustus 2017 nanti. Head of Public Relations AI Yulian Warman berpesan, pada prinsipnya, dimana pun Astra berada harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai denan butir pertama filosofi Catur Dharma yaitu “Menjadi Milik Yang Bermanfaat Bagi Bangsa Dan Negara”.

Peran media blogger dan komunitas sangat penting untuk membantu menemukan bakat bakat terpendam dari pemuda pemuda bangsa. “Semuanya, seluruh masyarakat Indonesia termasuk Anda yang apabila mengetahui keberadaan dari para pemuda yang memiliki kriteria tertentu dapat ikut terlibat dengan merekomendasikan dan mendaftarkan calon peserta.” tutupnya.

Yuk, karena dengan dukungan yang lebih banyak pasti akan berdampak positif untuk bangsa dan masyarakat luas pada khususnya. Informasi lengkapnya bisa buka www.satu-indonesia.com Kriteria dan persyaratannya nanti diceritakan di artikel selanjutnya ya…

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

Satu pemikiran pada “SATU Indonesia Awards 2017 Dimulai, Siap Siap Dapat 60 Juta Rupiah Untuk Masing Masing!

  1. Ping balik: Bukber Bareng Astra, Silaturahim Astra Group Bersama Wartawan Dan Blogger Dapat TV! | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s