GSXR150 Untuk Pasar Lokal Dan Ekspor Beda Kualitas ?

Otoborn – Suzuki kembali bangkit di pasar sepeda motor sport tanah air. Melalui produk anyarnya yakni GSX-R150 dan GSX-S150, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggebrak pasar sekaligus menegaskan bahwa di Indonesia Suzuki Tidak Mati dan akan kembali berjaya. Dua produk anyar yang belum lama dirilis dan saat ini masih dalam perjalanan Launching regional ke beberapa wilayah di Indonesia, tidak hanya jualan di pasar lokal saja GSX series ini juga diekspor ke luar nregi. Tapi benar ngga sih GSXR150 Untuk Pasar Lokal Dan Ekspor Beda Kualitas ?

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Otoborn sempat menanyakan langsung kepada mas Audi Tarantini yang menemani rekan blogger dan media dalam event gahtering di Bandung beberapa pekan lalu. Dan ternyata pertanyaan GSXR150 Untuk Pasar Lokal Dan Ekspor Beda Kualitas ini jawabannya mencengangkan !

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Kemarin sempat cerita soal harga jual GSXR150 di Jepang, dapat infonya dari Kouji Nakamitz di Jepang sana harganya bila dikonversikan ke mata uang rupiah bisa diatas 50 jutaan. Padahal harga segitu di Indonesia bisa buat beli motorpsort 250cc twin-cylinder loh! Seolah mendukung isu GSXR150 Untuk Pasar Lokal Dan Ekspor Beda Kualitas ini. Tapi bila mengingat penjelasan mas Audi beberapa waktu lalu sebenarnya kita diajak berfikir dengan logika dan fakta yang ada.

Kembali ke ruang gathering, mas Audi menjelaskan bahwa kondisi Suzuki Indonesia yang baru mulai bangkit lagi jualan motorsportnya isu tersebut tidak mungkin dilakukan. “Logikanya, saat ini kami ngga mungkin membuat dua cetakan berbeda dengan material berbeda juga untuk kedua produk tersebut, padahal kami sedang mengejar penjualan pada momen kebangkitan kami. Biayanya bisa berkali kali lipat lebih besar jika kami harus menyediakan atau membedakan kualitas untuk pasar lokal dan ekspor,” terang Audi.

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

“Yang benar itu, ada perbedaan fitur, dan kubikasi mesin seperti untuk pasar Eropa misalnya kami ekspor yang 125cc. Dan lainnya menyesuaikan standar di negaranya,” ujarnya menambahkan.

Memang bila diperhatikan lebih detil, pada beberapa komponen GSXR ada seperti alokasi fitur yang tidak disematkan pada versi lokal. Coba simak deh area suspensi depan, pada tabung stroke ada dudukan sepertinya untuk piranti ABS. Coba simak fotonya deh

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

 

 

Ketika ditanyakan langsung sambil jongkok jongkok pakai senter di kolong GXR, rupanya benar dugaan otoborn bahwa memang itu dialokasikan untuk piranti ABS. Loh kan di Indonesia belum ABS?  “Nah itu dia… karena memang komponen ini sama dengan yang digunakan untuk pasar ekspor. Ini salah satunya yang kelihatan, jadi ngga ada perbedaan cetakan komponen yang digunakan untuk versi ekspor, sama persis seperti yang dipakai GSXR150 Indonesia,” ujar Audi kembali meyakinkan.

Hmmm… percaya deh, buktinya kelihatan kok depan mata. Tapi ada sedikit perbedaan pada velg, ngga kelihatan dudukan untuk disk sensor anti locknya, menurut mas Audi mungkin velgnya beda model atau tergantung seperti apa nanti model disk sensornya. Itu saja.

Lagi manggut manggut tiba tiba otoborn ditanya begini, “Atau Indonesia mau kita kasih ABS juga nih?” ujar Audi sambil tersenyum penuh arti… Wooww… Kode keras ini, bikin tercengang ! Jangan jangan memang SIS sedang mempersiapkan juga untuk melengkapi pilihan yang ada. Tentunya akan ada perbedaan harga bila benar direalisasikan nantinya.

Tapi ngga apalah, itu kan bisa menjadi nilai tambah lagi buat Suzuki GSX-R150 di Indonesia nantinya, ya ngga? Gimana, setuju dong GSXR150 tambah lengkap dengan fitur ABS.

 

 

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

8 pemikiran pada “GSXR150 Untuk Pasar Lokal Dan Ekspor Beda Kualitas ?

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s