Otoborn – Rekan bikers sedulur satuapal, PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperoleh kepercayaan dari prinsipal Suzuki untuk memproduksi sepeda motor yang menjadi produk global, diantaranya Suzuki Address, Suzuki F115 Young Star dan Suzuki GSX-R125.

Kemarin otoborn berkesempatan main ke area produksi PT. Suzuki Indomobil Motor (SIM) yang menangani produksi sepeda motor Suzuki yang akan diekspor ke mancanegara, Plant Tambun 1 , Bekasi – Jawa Barat. Terima kasih Mas Fandi dan SIS untuk tambahan wawasan bagaimana sepeda motor Suzuki diproduksi.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Banyak fakta menarik ketika mengintip proses produksi di pabrik yang diresmikan pada Januari 1991 silam. Selain melihat langsung proses produksi sepeda motor Suzuki GSX-R150, ada beberapa hal yang membuat otoborn dan rekan blogger dan media lainnya yang berkunjung antusias.

Factory Visit Suzuki Plant I Tambun

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Saat ini, SIM Plant Tambun 1 memproduksi sepeda motor tipe All New Satria F150 dan Address FI untuk pasar domestik dan ekspor, serta Satria F115 Young Star untuk pasar ekspor. Sedangkan GSX-R125 untuk pasar ekspor rencananya juga akan diproduksi di tempat ini. Suzuki GSX-R dan GSX-S? Juga disini masbro. Untuk part mesin diproduksi di Plant Pulogadung, baru dikirim untuk dirakit di Plant 1 Tambun ini.

Tanpa malu malu, SIM memperlihatkan seluruh rangkaian proses produksi yang teruji dan presisi menggunakan mesin mesin manual dan robot dengan sdm sebanyak hampir 1.000 orang untuk memproduksi maksimum mencapai 1,2 juta unit per tahun.

Suzuki GSXR Assembly

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Di area lahan seluas 141.746 meter persegi ini, sepeda motor Suzuki akan melalui beberapa tahapan produksi yang awalnya dibagi menjadi 2 bagian berdasarkan material yang akan dibuat yaitu logam dan plastik. Pada prosesnya, material logam akan melalui tahapan Pressing, Welding dan Plating. Komponen berbahan dasar logam yang dihasilkan antara lain frame, fuel tank, swingarm, muffler dan rim wheel.

Gsxr150 frame assembly

Untuk material bahan dasar plastik akan masuk ke tahap Injection dan Painting. Komponen dihasilkan dari plastik akan menjadi body parts untuk tampilan luar. Beberapa komponen lain akan diproduksi oleh vendor.

Keseluruhan hasil dari proses tersebut akan digabungkan dalam proses Assembling guna merakit seluruh komponen menjadi sepeda motor utuh.

Suzuki GSXR Visit Tambun

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

Yang menarik, Satu unit Suzuki GSX-R150 sanggup diproduksi dalam durasi 90 detik, sedangkan untuk tipe All New Satria F150 FI dapat diproduksi dalam durasi 60 detik !

Ngomong ngomong, di Plant tersebut ternyata sudah ada penampakan unit Suzuki GSX-S150 , hmmmm… Siapa yang sedang indent? Sabar… Penampakannya sudah ada nih…

Suzuki GSXS Factory

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Modification”,”suzuki” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.