Advertisements

Kejutan Lagi, Suzuki GSX-R150 Ternyata Bobot Lebih Ringan Dari Yamaha R15 v3.0 Sekalipun

Otoborn – Segmen motorsport di tanah air bisa dibilang merupakan kelas pejantan paling ketat saat ini, terutama untuk sport fairing dengan kubikasi mesin 150cc – 250cc dimana semua pabrikan akhirnya bermain dalam kompetisi bisnis penjualan sepeda motor ini.

Memang secara market tidak se-wah skutik, tapi disinilah para pejantan berdarah darah demi passion diatas kuda besi yang dinilai memiliki aura paling jantan di dunia. Mosok? Lha iya, kalo bukan jantan tangguh palingan yang ada jantan lemah syahwat alias boyo… #lol

baca juga: Bingung Pilih Varian Aerox 155 VVA? Coba Simak Ini

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) akhirnya ikut meramaikan kembali segmen ini, beberapa kejutan diberikan ditengah kegalauan akan produk sport 150cc yang begitu begitu saja. Apa aja kejutannya?

suzuki-gsx-keyless

Tonton : Video Show Suzuki GSX-R150 Merah

Pertama, langsung memiliki spesifikasi unggul telak Suzuki GSX-R150 hadir ketika Honda baru menggebuk pasar dengan New CBR150R, ketika itu diyakini masih menjadi yang paling modern dan paling powerfull dibanding kompetitor yang ada (terbesar untuk kelas 4 tak 150cc yaitu New CBR150R punya power maksimum 12.6 Kw / 9000 rpm dan torsi maks. 13.7 Nm / 7000 rpm).

Ternyata Suzuki GSX-R150 hadir dengan power paling tinggi yang pernah ada saat brojol kemarin dan memiliki fitur lebih unggul dibanding kompetitor, tanpa mengurangi fitur standar dikelasnya saat rilis kemarin, power maksimum sekitar 19HP atau 14.1 Kw / 10.500 rpm dan torsi 14.0 Nm / 9000 rpm. Eh, kalo ga salah denger, sempat terucap dari salah satu petinggi SIS ketika ketemu, power sesungguhnya sampai 21 HP. Salah denger ngga yah?

Baru per hari ini Yamaha R15 V3.0 terbaru yang rilis di Sentul memiliki power 14.2 kW / 10.000 rpm dan torsi 14.7 Nm / 8500 rpm. Eitt… taapiii…

picture1

Kedua, Suzuki GSX-R150 menjawab tantangan handling dengan bobot yang ternyata dibawah kompetitor, hanya memiliki berat 131kg membuat Suzuki GSX-R150 unggul dari Yamaha R15 v2.0 (138kg) dan Honda All New CBR150R (138kg). Bahkan yang paling baru lahir dengar dengar bobot Yamaha R15 v3.0 137kg. Tentu saja ini menjadi sesuatu yang sangat istimewa, karena dengan power yang lebih besar dan bobot lebih ringan akan membuat PtWR unggul. Bagaimana bisa, sebuah motor sport fairing memiliki bobot ringan?

Menurut manajemen SIS ketika sempat berbincang ringan beberapa waktu lalu, rahasia terletak pada frame dan material yang digunakan tanpa mengurangi keunggulan kualitas yang memang sudah menjadi paten Suzuki selama puluhan tahun dibandingkan kompetitor. Soal frame ini, lebih jelasnya akan diupdate ya bila nanti kedepannya dapat kesempatan bedah teknologi Suzuki GSX-R150.

testride perdana suzuki gsx-r150 memed

Baca juga: Harga Motor Yamaha Plus Custom Cargloss Painting

Ketiga, soal handling juga didukung oleh tinggi jok Suzuki GSX-R150 paling rendah yakni cuma 785 mm (New CBR150R dengan tinggi jok 787 mm dan Yamaha punya R15 v2.0 paling tinggi yakni 800 mm) yang akan berpengaruh di sisi ergonomi terutama rider dengan tinggi rata rata konsumen tanah air. Konon katanya Suzuki GSX-R150 dirancang memang mengacu pada postur rata rata orang Indonesia. Namun ini juga harus dibuktikan langsung, bila ada kesempatan otoborn icip icip akan diulas lengkap.

ergonomi-170cm-suzuki-gsx-r150

Tapi seorang mantan pebalap di era tahun 70 – 80 an Haryanto Tanoyo langsung berkomentar setelah menjajalnya langsung dalam Test Ride Perdana GSX-R 150 di Indonesia yang juga merupakan kejutan dari SIS. Yang pertama kali di Indonesia loh…

“Suzuki benar-benar menjawab tantangan perkembangan gaya hidup anak muda masa kini melalui GSX-R150. Designnya terlihat sporti dan berkelas, serta sangat stylish untuk diigunakan beraktivitas sehari-hari maupun hang-out di tempat gaul. Performa dan kecepatan Suzuki GSX-R150 terasa sekali dan sangat memuaskan, bobotnya pun ringan jadi mudah sekali dibawa bermanuver”, ujar pria yang akrab disapa Pak Memed yang kini juga sebagai pemilik main dealer PT. Magelang Putra Jaya Motor dan PT. Mega Graha Millenium Karya.

Suzuki gsx-r150 memed

“Setelah merasakan secara langsung, kami para main dealer merasa Suzuki sangat serius ingin kembali menjadi idola anak muda hingga dewasa pada saat ini dan hingga ke masa selanjutnya”, tambahnya.

Keempat, SIS merilis harga Suzuki GSX-R150 lebih awal 1 bulan dari jadwal yang tersiar seantero negeri, dan lebih mengejutkan banderol harganya cuma 29 juta-an rupiah jauhhhhh dibawah kompetitor tanpa mengurangi kualitas khas brand Suzuki. bahkan, dari yang launching lebih belakangan yaitu R15 V3.0 sekalipun (R15 v3.0 dijual 3,4 jutaan rupiah).

img_1411

Kelima, supershock therapy… kejutan ngga tanggung tanggung, harga khusus diberikan kepada konsumen Suzuki GSX-R150. Sepeda motor sport berfairing yang paling punya ciri khas dengan headlamp tidak asal comot tren kekinian ini bisa ditebus dengan harga cuma 27,9 juta rupiah ! Bahkan untuk pembelian kredit ada potongan dp 1,5 juta rupiah, seperti yang dishare di media sosial oleh konsumen yang sudah berhasil akad kredit meminang Suzuki GSX-R150. Lagi lagi kejutan lagi didalam kejutan.

Walah… banyak ya?

Ternyata ngga cukup sampai disitu, seolah ingin membuktikan keseriusan SIS dalam menggarap pasar sport 150cc dengan Suzuki-nya, konsumen saat ini sudah menerima unit GSX-R150 idamannya, hanya berselang 1 hari saja dari pengumuman harganya loh.

img_1421

Edan edanan dan mati matian ini, memang semua kejutan yang diguyur oleh SIS bukan berarti perjuangan Suzuki untuk kembali bangkit menjadi sangat mudah. Namun dari sini sudah terlihat tekad Suzuki sudah bulat dan tidak goyah oleh kompetitor yang enggan tersaingi. Pokoknya, gada lo ga rame deh !

———–

Keep Respect and Safety !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”News”,”suzuki” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

6 thoughts on “Kejutan Lagi, Suzuki GSX-R150 Ternyata Bobot Lebih Ringan Dari Yamaha R15 v3.0 Sekalipun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: