Otoborn – PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)  nampaknya semakin serius saja menekuni pasar sepeda motor matic atau skutik berbodi bongsor setelah penetrasi melalui Yamaha NMax berhasil menempatkan Yamaha di singgasana raja segmen tersebut.

Memang bukan yang pertama, pabrikan asal Korea sudah jauh lebih dahulu bermain di segmen ini, dan Honda juga ada PCX Series yang akhirnya tumbang oleh NMax karena perbedaan harga yang lumayan besar. PCX kerap dilabeli ‘overpriced’ semenjak kemunculan Yamaha NMax.

baca juga: Bingung Pilih Varian Aerox 155 VVA? Coba Simak Ini

Keseriusan YIMM ini jelas terlihat sejak diluncurkannya line up baru Yamaha Maxi pada event Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2016 bulan November atau dua bulan lalu. Kalo pabrikan lain gimana yah?

Firman Musafir
Firman Musafir

Tonton : Video Show Suzuki GSX-R150 Merah

Yamaha Aerox 155VVA Laku Keras ?

Pada event pameran otomotif nasional tersebut YIMM memperkenalkan Yamaha Aerox 150 VVA yang sudah mulai dipesan oleh konsumen melalui program inden online, penerimaan konsumen juga luar biasa dimana pada periode inden online saja kuota 400 unit yang dibagi menjadi 3 varian pada 3 hari berbeda berhasil terjual hanya dalam tempo kurang dari 2 jam semenjak inden dibuka. Jika digabungkan dengan inden offline IMOS 2016 lalu termasuk alokasi 200 unit yang khusus untuk Yamaha Riders Federation Indonesia (YRFI) katanya unit Yamaha Aerox 155VVA yang sudah terpesan mencapai 900 unit. Wow! Pertanda apakah ini?

Inden Yamaha Aerox 155 VVA 1

Selain Yamaha Aerox 155VVA, ada lagi skutik menarik yang dijanjikan akan dijual dibawah harga 50juta dibandingkan versi Eropa yang sebelumnya berkubikasi 125cc. Yamaha Tricity 155VVA mengusung konsep roda tiga dengan desain masih tergolong ramping yang juga berpotensi menjadi favorit juga di tanah air. Coba saja perhatikan… manis yah?

Yamaha X-Max dan T-Max juga dipastikan akan meramaikan aspal tanah air. Belum lama bahkan terjepret kamera ketika unit test Yamaha X-Max 250 sedang melintas di jalan umum, sebuah kebiasaan yang menjadi pertanda dalam waktu dekat akan segera dijual untuk umum.

spyshot-yamaha-x-max250

 

Baca juga: Harga Motor Yamaha Plus Custom Cargloss Painting

Skutik Bongsor Punya Potensi Pasar Menarik  

Nah, kalau untuk Honda sudah terdengar kabar angin yang mengatakan segera melokalkan varian skutik bongsor favoritnya di Eropa, antara Honda PCX atau Honda Forza nih, belum jelas apakah wujudnya nanti salah satu diantara keduanya atau produk yang benar benar baru. Pabrikan India masih menggodok TVS Entor-Q. Viar sudah punya juga yang katanya mirip mirip buatan pabrikan X. Ga masalah sih mirip, kucing juga mukanya sama semua sih…

Pabrikan Italia seperti Benelli dan pabrikan Taiwan seperti SYM malah sudah lama bermain di segmen skutik bongsor, cuma ya populasinya yang tidak sebanyak pabrikan Jepang membuat mereka kurang nampak dimata. Padahal keren keren loh. Kalo otoborn dikasih gratis ga bakalan nolak… #lol

SYM Joyride 200i depanBenelli Zafferano kanan

Bagaimana dengan Kawasaki dan Suzuki?

Hmmmm…. Kawasaki ya…. Sejauh ini PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) paling adem ayem, ngga jelas apakah kompetitor menjadi acuan atau sesukanya saja merilis produk roda dua yang dirasa perlu. Jadi, hadirnya skutik bongsor Kawasaki di tanah air imho tergantung bagaimana KMI menilai penting atau tidaknya ikut merilis dan bermain di segmen pasar tersebut. Yang udah udah, adem ayem… Tau tau launching hehe

PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) yang sedang membara dalam momen kebangkitan produk roda duanya kabarnya juga akan menyertakan skutik bongsor diantara 10 produk yang disiapkan sebagai jagoan Suzuki di tanah air tidak hanya Brugman 200. Benarkah? Apakah itu? Suzuki Skywave 150, masuk akalkah? Kita simak aja perkembangan informasinya dalam beberapa pekan kedepan ya.

———–

Keep Respect and Safety !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”News”,”Yamaha” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

10 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.