Otoborn – Bajaj Auto yang bermain di segmen sepeda motor roda empat mirip mobil  atau sebut saja mobil bajaj membekali Bajaj Qute dengan sasis monokok.

Kendaraan bermotor quadricycle tersebut memang unik, dan dengan desain yang mungil serta kemiripannya dengan mobil konvensional memang menarik hati.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Bajaj Qute sudah lumayan berpengalaman mengaspal di India negara asalnya. Di Indonesia sudah terlihat ada yang menjual di daerah Banten.

Bajak Qute 200

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Meskipun mirip mobil konvensional, harus disadari bahwa Bajaj Qute lebih mirip kearah Bajaj roda tiga yang sudah lama wara wiri di tanah air.

Namun perbedaan tentu saja ada dan banyak, penyempurnaan interior dan eksterior disana sini membuat lebih nyaman untuk ditumpangi.

Kemampuan mesin yang hanya dapat melaju maksimal 60 kmpj ada bagusnya juga, meskipun bisa dibeli oleh pembeli labil alias emosional atau katakanlah alay, setidaknya tidak bisa diajak kebut kebutan, meskipun selalu ada saja cara untuk ugal ugalan #lol

Di sisi safety, mungkin bisa mengurangi resiko kecelakaan fatal bagi yang tertabrak… Bener ngga ya? Jadi inget film komedi almarhum Dono Warkop, kakinya kelindes Bajaj roda tiga ngga papa, malah jadi manusia enam juta dollar #lol

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Oh iya, tadi sempat disinggung Bajaj Qute mengaplikasikan jenis sasis monokok, sasis jenis ini lebih protektif dibandingkan kepunyaan Bajaj roda tiga. Bagaimana melihat safety dari sisi penumpang didalamnya?

Bajaj Qute Monokok sasis

Di Bajaj Qute, penumpang terlindungi dalam frame tersebut. Namun tetap untuk sisi samping yang merupakan area pintu tidak melindungi penumpang secara penuh karena memang tidak menjadi bagian kokoh dari monokok tersebut.

Namun dengan adanya pintu, akan mengurangi resiko fatal apabila terjadi insiden dari sisi samping, karena penumpang tidak akan terkena efek benturan langsung seperti yang akan dialami penumpang sepeda motor tanpa adanya pintu yang melindunginya.

Dengan catatan, benturan dalam kekuatan tertentu dan tidak sampai menjepit kendaraan atau penumpangnya ya. Kalo kejepit ya selamat membayangkan.

Bajaj Qute 200 sasis frame monokok
Lahiru Jayasumana facebook. It was Sep.2015 Bajaj Auto Ltd India Visits under Bajaj Qute Car Demostration of plant & training.Cheers !!!!!!!!

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

Bila melihat dari segi keamanan atau keselamatan dari benturan atau tumbukan, jangan samakan juga ketahanan Bajaj Qute ini dengan kendaraan roda empat mobil pada umumnya. Namun untuk score, bisa dibilang berada ditengah tengah antara roda dua dan mobil roda empat.

Simak video crash test Bajaj Qute yang otoborn pinjam dari youtube ini. Bila kesulitan menontonnya klik disini.

Btw lagi, menurut anda dengan banderol sekitar 65 juta rupiah, untuk pribadi nih… Kira kira mendingan beli ini, CBR250RR yang lagi anget, atau moge seken ya?

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Modification”,”Viar” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

3 Comments


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.