KTM Dijual 40 Persen Lebih Murah Bukan Harga Promo ?

Otoborn – PT. Penta Jaya Laju Motor (PJLM) selaku perwakilan produsen sepeda motor merk KTM untuk pasar Indonesia belum lama mengumumkan secara resmi mengenai penyesuaian banderol harga untuk lineup sepeda motornya yang dijual di tanah air.

Brand KTM merupakan pemain lama yang kuat dikenal di pasar Eropa, produsen sepeda motor asal Austria yang telah bekerja sama dengan Bajaj Auto Limited (BAL) sejak tahun 2008 silam.

baca juga: Spesifikasi Gahar Honda All New CBR250RR

Rupanya KTM tidak sabar ingin produk produknya banyak mengaspal di Indonesia, dan strategi baru dilakoni setelah kesepakatan antara KTM Austria dan BAL terbentuk.

KTM RC200 | ktmindonesia

Baca juga: Honda CB250F Ikut Hadir Di Indonesia ?

Di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 dijelaskan bagaimana strategi tersebut bisa diambil. Produk sepeda motor hasil kerjasama keduanya sudah terlahir beberapa model, diproduksi di India lalu diekspor ke lebih dari 60 negara.

KTM RC200

Ada empat yang kini dipasarkan melalui PJLM dan sudah mengaspal di Indonesia, yaitu KTM RC 250, 250 Duke, KTM RC 200, dan 200 Duke. Namun tahun lalu keempat produk tersebut masih memiliki harga jual baru yang sangat tinggi. Dan tentu saja publik mengerti, karena selain merupakan brand berkelas, KTM memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh sepeda motor sekelasnya untuk pabrikan lain yang sudah berbagi market share di tanah air ini.

Sebagai reminder saja, sebelumnya untuk sport fairing KTM RC250 sebelumnya dijual Rp 74,5 juta, sedangkan versi nakednya KTM Duke250 dijual Rp 69,5 juta. Tentu saja meskipun yakin pecinta otomotif tanah air banyak meneteskan liur karena spesifikasi dan desain serta fiturnya banyak yang berfikir seribu kali mempertimbangkan kemampuan finansial atau untung ruginya bagi dompet.

KTM Duke | ktmindonesia

Intip: Galeri Modifikasi Honda All New CBR150R Lihat Langsung Lebih Sangar

President Director PJLM Kristianto Goenadi dalam kesempatan press conference di ICE, BSD, Tangerang, menjelaskan alasan mengapa harga jualnya bisa turun hingga sekitar 40 persen dari harga jual baru tahun sebelumnya. Pertimbangannya yaitu harga jual akan mempengaruhi volume penjualan.

Kerjasama antara KTM Austria dan BAL memungkinkan KTM Indonesia mendapat suplai langsung dari India, sehingga memangkas cost yang lumayan besar nilainya. Ini menjadi salah satu benefit dari kerjasama antar keduanya.

“Kami ada beberapa kerja sama antar prinsipal, jadi kalau dulu mereka melakukan harus via Austria, nah sekarang satu channel dipersingkat. Ada satu komitmen dari mereka supaya harga motor ini makin kompetitif. Ini hanya mempercepat saja. Dulu sebenarnya ada planning, tapi dalam lima tahun ke depan. Tapi kami menarik lebih cepat,” penjelasan Kristianto.

Harga sepeda motor KTM di GIIAS2016 ini resmi menggunakan harga baru, yakni KTM RC250 Rp. 48 juta, KTM Duke 250 Rp. 44 juta, KTM RC200 Rp. 37 juta, dan KTM Duke 200 Rp. 33 juta sudah OTR Jakarta.

KTM Duke 200 | ktmindonesia

Baca juga: Harga Motor Yamaha Plus Custom Cargloss Painting

Untuk semakin memantapkan kaki di Indonesia, KTM akan membuka pabrik di Gresik, Jawa Timur, seluas 15.000 m2 yang mulai beroperasi secepatnya dalam satu setengah tahun kedepan. Nantinya produk 200cc dan 250cc yang dipasarkan di tanah air akan dirakit secara Completely Knocked Down (CKD) dengan target 600 unit perbulan atau per tahun mencapai 10.000 unit dan diharapkan akan terus berkembang.

“Dari dulu motor diproduksi di India jadi mereka memakai form AI (Asia India) mempunyai benefit penurunan lebih dari 10 persen. Jadi nanti kemudian kalau sudah CKD ada penurunan lagi. Kalau ditotal ada penurunan 25 persen dari cost. Cuma kalau cost di atas kami bawa turun, implikasinya secara total bisa hampir 40 persen sampai harga on the road. Karena banyak tax margin dan sebagainya,” penjelasan dari Kristianto.

KTM RC200 Kiri Depan

“Kami akan merakit model-model 250 cc dan 200 cc yang ada di lineup Duke dan RC. Tahap awal, produk akan didistribusikan di jaringan dealer kami di Jakarta dan Bandung, selanjutnya ke kota-kota lain di Indonesia,” tambahnya.

“Tapi kami tegaskan bahwa barang yang diproduksi akan sama kualitasnya. Tidak ada penurunan, model, komponen, dan barangnya tetap kualitas Eropa,” ujar Kristianto menegaskan. Dan saat ini untuk frame serta engine buatan Austria, sesuai dengan VIN yang tertera pada frame dan mesin.

Jadi, harga yang disebutkan tadi bukan merupakan promo sementara, bahkan harganya setelah CKD nanti kira kira sama dengan harga yang dirilis di GIIAS2016 pekan ini. Bagi yang ingin melihat dari dekat produk andalan KTM ini, bisa melipir mampir ke booth KTM Indonesia di Hall AJ ICE BSD, Tangerang hingga tanggal 21 Agustus 2016.

KTM Duke | ktmindonesia

———–

Keep Respect and Safety !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

4 pemikiran pada “KTM Dijual 40 Persen Lebih Murah Bukan Harga Promo ?

  1. Ping balik: SMK Istimewa Tangerang Dapat Bantuan 2 Unit Motor dan Tools Untuk Praktek Teknik Dari AHM | otoborn

  2. Ping balik: Sparepart KTM Akan Lebih Mudah Didapat Via Online Shop | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s