Advertisements

Sempatkan Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Otoborn – Sebagai sarana transportasi keluarga, tentunya kendaraan roda empat anda menjadi andalan ketika dipergunakan mengantar anda bepergian. Terutama untuk jarak jauh, tidak lain mobil andalah yang membuat anda tetap merasakan nyaman tanpa khawatir tersengat teriknya matahari atau basah oleh air hujan.

baca juga: Datsun Juara Ke-3 Kategori Outdoor Booth Terbaik Jakarta Fair 2016

Tapi, jangan sampai kenyamanan tersebut hilang ketika dalam perjalanan tiba tiba kendaraan bermasalah hingga mogok. Kalau cuma mogok dijalan sepi sih oke lah, bagaimana kalau sampai terjadi kecelakaan?

Maka dari itu, disinilah alasan utama pentingnya melakukan pengecekan pada beberapa bagian mobil sebelum atau sesudah melakukan perjalanan jauh. Misalnya setelah dibawa mudik bersama keluarga.

 Bagian apa saja yang perlu diperiksa ya?

Mesin Mobil

Tonton : Video Teaser Honda All New CBR250RR

Periksa Kondisi Kendaraan Anda

Dengan melakukan pemeriksaan kondisi kendaraan sebelum dan sesudah melakukan perjalanan jauh, akan menghindarkan dari kerusakan besar. Anda bisa mengantisipasi dan mendeteksi sedini mungkin terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

Air Radiator

Lakukan pengecekan pada air radiator, penggunaan kendaraan dalam jarak jauh dan lebih lama dari biasanya akan mengurangi volume dari air radiator, karena sepanjang waktu dipergunakan untuk mendinginkan mesin kendaraan.

Oli

Pastikan semua oli mobil juga mendapatkan penggantian yang sesuai timing diperlukan. Misalnya untuk oli mesin sebaiknya dilakukan penggantian setelah menempuh jarak hingga 2500 kilometer atau lebih.

Pertamina Coolant 2

Renungkan: Abaikan 5 Benda Ini Apabila Mau Pulang Disambut Isak Tangis Keluarga

Spooring dan Balancing

Apabila dalam perjalanan anda banyak menemukan kondisi jalan rusak, maka spooring dan balancing perlu dan wajib dilakukan. Terlalu sering menghantam lubang dan jalan bergelombang atau jalan berbatuan dalam kecepatan tinggi atau muatan penuh akan berpengaruh pada handling kendaraan anda.

Dengan melakukan spooring dan balancing membuat kendaraan tetap nyaman dan prima dibawa menempuh perjalanan jarak jauh.

Kaki kaki

Bagian lain seperti ban, shockbreaker serta joint jangan luput dari perhatian. Ban baru tidak menjamin bebas dari resiko, amannya ya tetap periksakan saja, minimal tekanan ban agar sesuai dengan spesifikasi yang diperlukan masing masing tipe ban dan kendaraan. Atau kondisi baut baut sudah terpasang dengan baik.

Jangan sampai baru sadar ketika ban lepas dijalan.

Ban Mobil Lepas

Lampu

Yang satu ini sering terlewat. Karena memang tidak dirasakan ketika sedang mengemudi, seringkali baru diketahui ketika tertabrak dari belakang, atau diberhentikan polisi lalu lintas. Wah.., jangan sampai deh.

Periksakan semua fungsi lampu kendaraan, mulai dari lampu utama, lampu malam, highbeam, sampai sein dan lampu rem. untuk mengurangi resiko fatal terjadi.

Semua hal tersebut penting untuk kenyamanan dan keselamatan anda dan keluarga selama menempuh perjalanan dengan mobil kesayangan. Tentu saja juga untuk keselamatan pengguna jalan lainnya.

Tabrakan mobil

Untuk mempermudah, lalukan perawatan berkala pada bengkel resmi kendaraan anda.

Semoga bermanfaat.

———–

Keep Respect and Safety when Driving !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Auto Car”,”Tips” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

7 thoughts on “Sempatkan Pengecekan Mobil Setelah Perjalanan Jauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: