Seta 125 Italian Matic Scooter Beraura Retro Modern Dari Benelli

Otoborn – Bicara mengenai skuter matic, ada satu yang tidak kalah menarik disimak. Dengan dimensi yang mungil dan tampilan simple namun elegan, akan menjadi modal utama untuk bersaing di kerasnya persaingan motor matic di tanah air.

Skuter matic beraura classic, retro modern, itu yang otoborn tangkap ketika pertama kali bertemu langsung dengan Seta 125.

Skutik buatan pabrikan Italia, Benelli ini memang tampak eksotis, khas sekali skuter Eropa. Benelli Seta 125 dibawa masuk ke pasar tanah air oleh PT. Benelli Motor Indonesia (BMI) untuk meramaikan segmen skutik di tanah air.

Baca : Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016

Italian Taste Seta 125

Benelli Seta 125 sekilas secara desain akan mengingatkan pada skuter produksi pabrikan Piaggio atau Vespa. Dan memang tidak diragukan lagi, aura retro kuat melekat pada pabrikan tersebut,  so classic design… dimana mindset sudah tertanam kalau klasik ya modelnya seperti skuter keluaran Piaggio atau Vespa. But by the way, sesungguhnya memang inilah desain skuter rasa Italia, kelas Eropa. Italian Taste !

front benelli seta 125

pic: motorplus

Fitur Dan Spesifikasi

Secara spesifikasi, Benelli Seta 125 memang belum menjadi yang terkini. Masih mengusung pengabut bahan bakar tipe karburator, Benelli Seta 125 justru memiliki kemudahan perawatan oleh tangan awam dibanding skuter yang sudah berteknologi fuel injection. Bisa dibilang, bengkel manapun pasti bisa menangani karburator.

Dengan mesin 4 tak berkapasitas 124,6 cc dan berpendingin udara, Benelli Seta 125 siap menjelajah setiap sudut kota.

IMG-20160628-WA0100

Technical Spesification

Boleh kita intip sebentar spesifikasi teknis yang disebutkan di halaman resmi Benelli Indonesia sebagai berikut.

Technical
Engine

1 Cylinder, Air Cooled, 4-Stroke
Bore X Stroke 52.4 X 57.8 mm
Engine Displacement 124.6 cc
Max power
Max torque
6.3kW/7500 r/min
8.3N·m/6500 r/min
Compression Ratio 9.5 : 1
Startup Electric
Transmission Automatic
Front Suspension Telescopic
Rear Suspension Adjustable Shock Absorber
Tyres Front: 90/90 -12
Rear: 100/90 -10
Brakes Front: Hydraulic Disc
Rear: Mechanical Drum
Wheelbase 1250 mm
Dimension 1840 x 1150 x 690 mm (L x H x W)
Fuel Tank 7 liter
Dry Weight 115 kg

Tonton:

Skutik Retro Modern Cocok Untuk Perkotaan

Melihat spesifikasi tadi, ada perbedaan mencolok yang bila dibandingkan dengan skutik buatan Jepang termasuk tidak umum. Yang paling terlihat yaitu ukuran lingkar roda. Antara roda depan dan belakang berbeda ukuran, dimana roda depan Benelli Seta 125 ini berdiameter 12 inci, sedangkan untuk diameter roda belakang hanya 10 inci. Karet bundar yang digunakan pun berukuran 90/90 untuk depan dan 100/90 ban belakang menyelimuti velg juga stylish.

Perbedaan lain yaitu kapasitas tanki bbm yang lebih sedikit dibandingkan skutik lain di tanah air. Benelli Seta 125 hanya mampu menampung BBM sebanyak 7 liter saja.

Area panel speedometer sederhana dan simple. Masih menggunakan analog.

IMG-20160628-WA0096

Benelli Seta 125 masih menggunakan bohlam sebagai mayoritas lampu lampunya, termasuk lampu utama , stoplamp dan sein. Namun untuk lampu senja sudah menggunakan LED.

headlamp benelli seta 125

pic: motorplus

Baca juga:

Fitur lain yang memang sesuai untuk kebutuhan wara wiri di perkotaan seperti di Jakarta misalnya, yaitu banyaknya tempat penyimpanan alias storage. Terdapat bagasi di bawah jok sudah pasti kebutuhan wajib meskipun tidak muat untuk helm fullface.

Di area dashboard atau dek depan terdapat hunger yang bisa dilipat atau dikeluarkan saat dibutuhkan membuat skutik Benelli Seta 125 ini rasanya simple dan praktis.

IMG-20160628-WA0098

Untuk boncenger, terdapat footpeg yang didesain sedemikian rupa, disembunyikan bila tidak digunakan dan bisa dikeluarkan ketika akan berboncengan.

Desain muffler pun simple dan malah menguatkan aura classic scooter namun tetap tampil sebagai skutik retro modern. Sisanya, rasanya tidak jauh berbeda dengan skutik kebanyakan. Hanya saja taste design memang artistik dan tidak membuat bosan dipandang. Finishing yang baik membuat skutik Italia ini tampil elegan. Jujur, kok sepertinya melihat aslinya lebih bagus daripada melihat gambar saja.

IMG-20160628-WA0097

Baca juga:

Pilihan Warna Dan Harga

Ada beberapa pilihan warna untuk Benelli Seta 125 ini, yaitu Hijau Tosca, Kuning, Hitam dan Putih. Kesemuanya dipadu menjadi dual tone dengan warna Cokelat. Kalau otoborn jujur suka yang warna Hitam Cokelat… kalau mau ada yang belikan yang warna itu saja ya.. #LOL

Benelli Seta 125 White

Benelli Seta 125 Yellow

Benelli Seta 125 Tosca

Benelli Seta 125 Black

Harga

Untuk harganya, ketika artikel ini rilis BMI membanderol Benelli Seta 125 seharga Rp. 18,500,000,-  dan bisa ditebus secara cash atau kredit melalui leasing misalnya CSFinance dengan uang muka mulai 6.600 ribu rupiah dengan jangka waktu pelunasan hingga 34 bulan.

Untuk lebih jelas, datang saja ke dealer dan showroom terdekat di kota anda, tanya tanya sepuasnya deh. Atau selama event Jakarta Fair 2016 kunjungi booth Benelli dan temukan produk Benelli lainnya disana.

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

8 pemikiran pada “Seta 125 Italian Matic Scooter Beraura Retro Modern Dari Benelli

  1. Ping balik: Benelli Bengkel Italia Bersejarah Itu Hadir Di JIExpo Kemayoran | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s