Program Mitra Satu Hati Dukungan Honda Untuk Penyandang Disabilitas

Otoborn – Awal Juni lalu di Bandung – Jawa Barat, PT. Astra Honda Motor (AHM) mencanangkan program yang diharapkan dapat menjadi stimulan untuk berbagai program sejenis sebagai bentuk perhatian dan dukungan kepada kalangan difabel. Program yang diberi nama Mitra Satu Hati ini menggandeng berbagai pihak terkait.

Baca juga:

 Honda Supra X 150 Akhirnya Muncul Spyshoot Di Indonesia Video – Honda Supra Pakai GTR Begini Ceritanya

Bersama kelompok difabel, AHM mengembangkan konsep sociopreneurship melalui program ini dalam upaya mendukung peningkatan pemberdayaan masyarakat khususnya kepada penyandang disabilitas.

Sebenarnya bagaimana sih implementasinya? Simak ceritanya berdasarkan informasi yang otoborn terima pada tulisan berikut ini.

program difabel sinergi foundation-astra honda motor 2016

Tonton:

Program Mitra Satu Hati

Program Mitra Satu Hati digulirkan dengan memberikan modal awal usaha untuk Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB). Salah satu bentuk awal implementasi bagaimana program ini dimulai.

Dalam implementasinya, AHM menggandeng Lembaga Wakaf Sinergi Foundation (SF) . Bersama SF sendiri, program bantuan usaha untuk kaum difabel ini merupakan yang kesekian dijalin kerjasamanya dengan AHM. Ada program lainnya seperti pengembangbiakan domba garut di Desa Wanakerta Purwakarta dan Waserba Sahate di Purwakarta

Dalam program ini, Yayasan AHM bersama pihak terkait lainnya tidak hanya memberikan modal usaha, namun juga pelatihan, hingga pembinaan bagi masyarakat.

Konsep sociopreneurship dalam program Mitra Satu Hati ini dikembangkan dengan mengajari KKDB mengelola sebuah usaha.

Baca juga:

Bantuan Dana Untuk Modal Awal

Bantuan Modal yang diberikan kepada KKDB Jawa Barat diharapkan dapat membantu mewujudkan keinginan rekan rekan yang bercita-cita dapat memproduksi kaki palsu untuk penyandang disabilitas lainnya. Dana yang dikucurkan sedikitnya senilai Rp 47 juta.

Dana Coorporate Social Responsibility (CSR) AHM ini dimanfaatkan untuk sewa tempat penjualan, pembelian beras dari petani, dan pembelian perlengkapan pendukung transaksi jual beli.

 (kedua kiri) Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin simbolisasi menyerahkan modal awal usaha kepada perwakilan Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB) pada acara peresmian program Mitra Satu Hati. Program ini diimplementasikan dengan memberikan bantuan modal dan pelatihan untuk KKDB yang bercita-cita dapat memproduksi kaki palsu untuk penyandang disabilitas lainnya.

Baca juga:

Bikers Tidak Sekedar Menunggang Motor, Pahami Juga Safety Untuk Keselamatan Bersama

Pelatihan Pengelolaan Manajemen Profesional

Selanjutnya melalui program Mitra Satu hati, anggota KKDB mendapatkan pelatihan teknik manajerial, pengelolaan keuangan, serta teknik dasar pemasaran dan bantuan finansial atau modal usaha.

Praktek wirausaha dilakukan dengan menjual beras yang diproduksi langsung petani binaan Sinergi Foundation di Subang dan Cigalontang Tasikmalaya, Jawa Barat sehingga rantai distribusi lebih pendek dan harga jual beras menjadi lebih kompetitif.

 Para penyandang disabilitas melayani pelanggan pada kios beras Mitra Satu Hati. AHM mengembangkan sociopreneurship untuk kelompok difabel melalui program Mitra Satu Hati dengan memberikan bantuan modal awal usaha dan pelatihan untuk Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB), Jawa Barat.

Baca juga:

Hasil Keuntungan Untuk Sepasang Kaki Palsu Gratis

Anggota KKDB yang memiliki keahlian memproduksi kaki palsu akan memanfaatkan hasil keuntungan usaha ini untuk membantu penyandang disabilitas yang ingin memiliki kaki palsu secara gratis.

Sebagian keuntungan akan digunakan sebagai dana pembuatan kaki palsu untuk didonasikan untuk penyandang disabilitas lainnya. Setiap pasang kaki palsu yang diproduksi sendiri oleh anggota KKDB membutuhkan dana sekitar Rp 3-6 juta. Diharapkan dalam kurun 3 bulan, mereka dapat mulai menghasilkan sepasang kaki palsu secara gratis untuk penyandang difable lain.

Hasil karya kelompok usaha dalam Mitra Satu Hati disalurkan untuk pengembangan bisnis tahap lanjut serta juga dialokasikan khusus untuk memberikan kontribusi bagi masyarakat sekitarnya.

(ketiga kanan) Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin berbincang bersama perwakilan Kelompok Kreatifitas Disabilitas Bandung (KKDB) selepas acara peresmian program Mitra Satu Hati di Bandung, Jawa Barat. Program pembinaan penyandang disabilitas ini merupakan salah satu bentuk tanggung jawab sosial AHM dalam bidang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Baca juga:

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengatakan komitmen untuk membantu orang lain melalui pembuatan kaki palsu dari KKDB merupakan modal utama dalam implementasi sociopreunership. Karena itu, program Mitra Satu Hati ini diharapkan dapat menjadi jembatan yang mengantarkan mereka mewujudkan keinginannya melalui pengelolaan sebuah usaha secara profesional.

“Kami ingin menemani masyarakat mewujudkan mimpi, termasuk kalangan difable. Program Mitra Satu Hati ini kami harapkan mampu menjadi stimulan untuk beraneka program sejenis yang memberdayakan masyarakat dengan tetap mengembangkan jiwa kepedulian sosial,” ujar Ahmad Muhibbuddin.

“Bersama Mitra Satu Hati, kami ingin dapat berkontribusi meningkatkan kompetensi dan daya saing sumber daya manusia Indonesia di berbagai bidang, terutama di bidang ekonomi,” tutupnya.

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

3 pemikiran pada “Program Mitra Satu Hati Dukungan Honda Untuk Penyandang Disabilitas

  1. Ping balik: Training Program Sociopreneur Mitra Satu Hati Siapkan UKM Tangguh | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s