Konservasi Lingkungan di Stone Garden dan Gua Pawon Bandung Bersama AHM

Otoborn – Beberapa hari lagi yaitu tepatnya tanggal 5 Juni 2016 merupakan hari istimewa untuk kelestarian bumi tempat kita berpijak. Istimewa? Kenapa kok isti mewa?

Karena pada tanggal tersebut adalah Hari Lingkungan Hidup Sedunia, yang diperingati di seluruh dunia.

Baca juga:

 Honda Supra X 150 Akhirnya Muncul Spyshoot Di Indonesia Honda The All New Supra GTR150 Rilis Siap Hadang Yamaha

Kalau di Indonesia bagaimana? Sedikit berita saja, ternyata ada perhatian khusus oleh PT.Astra Honda Motor (AHM) terkait harinya bumi ini. Apa itu?

(ki-ka) Ketua Yayasan AHM I Putu Astawa, Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin, Ketua Yayasan Saung Udjo, Sam Udjo beserta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bandung Barat Wawan Heriawan melakukan penanaman pohon dilokasi Eco Wisata Gua Pawon Citatah Bandung Barat.

Tonton:

Sambut Hari Lingkungan Hidup Sedunia

PT. Astra Honda Motor (AHM) yang merupakan produsen sepeda motor di Indonesia ini menyikapi peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini dengan kegiatan positif. Tentu saja yang berhubungan dengan alam dan pelestariannya.

Baca juga:

Konservasi Lingkungan di Stone Garden dan Gua Pawon

AHM menyambut hari istimewa ini dengan melakukan konservasi lingkungan di area wisata situs purbakala Stone Garden dan Gua Pawon di Bandung Barat. Harapannya tentu saja untuk kelestarian lingkungan hidup.

Penanaman Pohon

Untuk menambah sekaligus mengoptimalkan fungsi daerah resapan air yang bermanfaat bagi aliran Sungai Citarum sekaligus mencegah terjadinya longsor, AHM melakukan penanaman beraneka jenis pohon di wilayah perbukitan yang berada  di Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat pada Rabu (1/6) kemarin. Sebanyak 8.000 pohon ditanam dari berbagai jenis pohon antara lain bambu, nangka, rambutan, sirsak, gemelina, surain, panesta, mahoni uganda, gandaria dan buni... asal bukan mariyuana saja ya… hehe

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dukungan AHM dalam Gerakan Citarum Bestari dari Pemprov Jawa Barat.

Baca juga:

Bikers Tidak Sekedar Menunggang Motor, Pahami Juga Safety Untuk Keselamatan Bersama

Ahmad Muhibbuddin, Deputy Head of Corporate Communication AHM (kiri ke 2) bersama perwakilan Manajemen anak perusahaan AHM bersiap melakukan penanaman pohon di Stone Garden Eco Park Citatah, Bandung Barat

Bermanfaat Untuk Masyarakat, Lingkungan Dan Fauna

Penanaman pohon juga menciptakan keaneragaman hayati dan daya hidup fauna khas kawasan tersebut seperti monyet ekor panjang, kupu-kupu, landak, musang, kelelawar pedan jawa, burung hantu, dan ular.

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan program ini tidak hanya bermanfaat untuk lingkungan dan fauna di kawasan ini. Masyarakat setempat juga akan memperoleh manfaat langsung karena mereka akan diedukasi untuk melakukan perawatan dan mendapatkan manfaat ekonomi dari pohonnya.

“Bekerja sama dengan Yayasan Saung Angklung Udjo kami akan mengedukasi masyarakat sekitar keterampilan mengolah pohon bambu menjadi angklung. Ada manfaat ekonomi yang tercipta di sini karena pasarnya sudah ada. Di sisi lain, potensi wisata terbuka untuk dikembangkan.”

Baca juga:

Penting Didukung Oleh Banyak Pihak

Tidak hanya bekerja sama dengan Yayasan Saung Angklung Udjo, kegiatan konservasi lingkungan dan revitalisasi daerah wisata purbakala ini juga didukung oleh banyak pihak yaitu Pemprov Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLHD) Provinsi Jawa Barat, Yayasan Astra Honda Motor, Forum Pemuda Peduli Karst Citatah (FP2KC), dan anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Sebagai salah satu tempat tempat tujuan wisata Gua Pawon merupakan tempat yang penting bagi suku Sunda karena di tempat ini ditemukan kerangka manusia purba yang diduga sebagai nenek moyang orang Sunda mengingat adanya hipotesa bahwa kebanyakan manusia purba tinggal di gua gua. Banyak keterangan yang didapat oleh para arkeolog dari fosil fosil yang ditemukan di Gua Pawon. Oleh karena itu, tentu saja upaya ini sangat penting dilakukan dan perlu dukungan banyak pihak.

Baca juga:

Upaya Revitalisasi

Gua Pawon dan Stone Garden yang terletak di sebelah barat kota Bandung ini memiliki pemandangan yang indah yang mengundang para wisatawan untuk berkunjung. Selain menikmati pemandangan, para pemanjat tebing juga sangat suka menyusuri jalan yang berkontur tanah berbatu batu dan menanjak. Ditemani oleh hembusan angin segar dan pemandangan tebing di karst Citatah yang memantulkan sinar keemasan saat terkena sinar matahari.

AHM juga membangun beberapa fasilitas pendukung wisata‎ antara lain pembuatan gapura gerbang masuk area kawasan wisata, pembuatan gazebo sebagai tempat istirahat dan berteduh bagi para wisatawan, saung informasi untuk memberikan kemudahan para wisatawan mendapatkan detail informasi tentang kawasan wisata ini serta pembuatan papan edukasi sapta pesona untuk meningkatkan kesadaran dan rasa tanggung jawab masyarakat menjaga tempat wisata. Diharapkan ini bisa semakin meningkatkan daya tarik Stone Garden dan Gua Pawon sebagai kawasan wisata.

Upaya revitalisasi tempat wisata ini disempurnakan dengan pembuatan papan petunjuk arah dan papan petunjuk area evakuasi bila terjadi kejadian bahaya.

“Kami ingin lingkungan dan pariwisata bisa tumbuh bersama di kawasan ini. Kami yakin masyarakat akan mendapatkan manfaat positifnya. ujar Ahmad Muhibbuddin

—-

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”honda,News” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *