Pelatihan Safety Riding Bersama Honda Wahana Seru Dan Bermanfaat

Otoborn – Berkendara dengan sepeda motor saat ini sudah bukan hal yang luar biasa. Justru sangat biasa ditemukan di sekitar kita yang mau beli chiki atau rokok ke warung yang berjarak kurang dari 100 meter saja naik motor. Udah gitu pakai sendal jepit pula… mentang mentang dekat, helm pun diabaikan (siapa yaa…). Padahal tidak jarang juga terdengar berita mengenai insiden kecelakaan yang menimpa pengendara sepeda motor hingga merenggut nyawa korbannya hanya berjarak kurang dari 100 meter dari tempat tinggalnya tersebut.

Baca juga:  Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Abaikan 5 Benda Ini Apabila Mau Pulang Disambut Isak Tangis Keluarga

Pentingnya Pemahaman Safety Riding

Safety riding, bukan susunan kata asing ditelinga bikers… apalagi bagi bikers yang aktif di grup atau komunitas. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama bikers lainnya seringkali menutup perjumpaan dengan kalimat salam seperti keep safe masbro, safety first yak, rides safely bro… dan lainnya.

Tapi, meskipun jam terbang berkendara kita sudah tinggi tinggi sekali, dari kepala masih botak jadi gondrong sampai ubanan dan rontok botak lagi… apakah benar benar sudah paham prakteknya? Atau sudah menerapkannya di jalan?

instruktur safety riding

Tonton:

Upaya Meningkatkan Kewaspadaan Berkendara

Dengan populasi kendaraan roda dua di seluruh tanah air dan di ibukota khususnya yang luar binasa, juga memaksa pemerintahan daerah memberlakukan pembatasan ruang gerak sepeda motor di beberapa jalan protokol. Sudah pasti salah satunya dilatar belakangi karena ada saja kabar insiden yang melibatkan sepeda motor dalam setiap jam dan setiap harinya. Dari jutaan sepeda motor, tidak jarang penyebab kecelakaan karena kurangnya kesadaran atau bahkan kemampuan penerapan safety riding di jalan raya. Bahkan posisi berkendara berpengaruh terhadap aman atau tidaknya biker berkendara di segala kondisi. Banyak yang salah mengartikan bahwa berkendara yang baik itu bila bergaya ala pebalap MotoGP (hayooo ngaku…siapa tuuh hehe) padahal motor pebalap peruntukannya untuk balap dengan posisi riding yang dinamis dan agresif, tidak sama dengan penerapan di jalan raya.

instruksi posisi berkendara safety

Masalah kurangnya penerapan safety riding bagi pengendara sepeda motor rupanya menjadi perhatian banyak pihak. Mulai dari perorangan, institusi maupun perusahaan besar atau perusahaan jasa yang berhubungan dengan wara wiri dengan roda dua. Bahkan keuntungan bagi perusahaan yang sudah mengikuti pelatihan safety riding tentu saja membantu mengurangi beban klaim terhadap insiden kecelakaan setiap bulannya.

Salah satu perusahaan yang memperhatikan persoalan ini dan memang berkecimpung di produksi sarana transportasi roda dua adalah Honda. Melalui PT. Wahana Makmur Sejati (WMS) Honda mengajak rekan rekan blogger ikut mempraktekkan pemahaman blogger mengenai safety riding. Dijadwalkan pada tanggal 23 April 2016 di Safety Riding Track Wahana Jatake, kegiatan positif ini disambut baik oleh para blogger yang hadir dan antusias mengikuti pengarahan dari instruktur berpengalaman.

om sakti wahana

“Kegiatan ini selain sarana sharing mengenai safety riding juga sebagai silaturahim dengan blogger otomotif, kami berharap kegiatan ini disambut dengan baik dan bermanfaat” jelas Wiyarto Wiyono yang akrab disapa mas Shakti perwakilan dari management PT. Wahana Makmur Sejati yang merupakan Main Dealer Sepeda Motor Honda Jakarta – Tangerang.

Baca juga:

Safety Riding Track Wahana Jatake

Pelatihan yang diikuti oleh para blogger yang bebas memilih bergantian sepeda motor yang disediakan oleh Wahana ini dilakukan di areal seluas 120 x 60 meter persegi. Para instruktur mendesain track sedemikian rupa agar dapat mempraktekkan teori yang di-brief sebelumnya dengan lebih maksimal. Mulai dari sepeda motor bebek, matic dan sport disediakan di lokasi. Bahkan unit BigBike Honda CB500X dan CB650F ikut menjadi bagian dalam praktek ini. Woww… Surprise dah ah

Baca juga:  Harga Cicilan atau Kredit dan Tunai Honda All New CBR150R 2016 Bikers Tidak Sekedar Menunggang Motor, Pahami Juga Safety Untuk Keselamatan Bersama

safety riding track wahana jatake

Areal ini setiap harinya aktif digunakan untuk praktek slalom dan lain sebagainya nyaris tanpa jeda. Tidak kenal weekend atau weekdays, semua instruktur bekerja keras memberikan pengarahan kepada semua peserta yang mengikuti kegiatan seru dan bermanfaat ini. Semua terjadwal, dan bisa dilihat agendanya melalui website www.safetyridingwms.com .

Baca juga:

Keep Safety When Riding!

Dengan mengikuti kegiatan ini, para blogger mengaku puas dan nyaman meskipun sedikit pegal pegal. Namun demi mendapatkan wawasan dan pengalaman langsung ~tidak hanya teori saja~ arahan dari tim Safety Riding Promotion WMS dilakoni dengan semangat. Taglinenya memang pas deh… Never Ending Passion .

Diharapkan dengan diadakannya event seperti ini akan meminimalisir resiko kecelakaan fatal ketika berkendara. Bukan hanya kesadaran akan keselamatan diri sendiri, meningkatnya kewaspadaan dan kemampuan reaksi dalam menghadapi dinamika di berbagai kondisi jalan tentu saja berperan menjaga keselamatan pengguna jalan lain di sekitar kita.

Bila anda merasa keselamatan anda bukan yang utama, setidaknya lakukanlah untuk orang lain. Keep Respect and Safety When Riding !

Baca juga:

 pelatihan safety riding blogger jabodetabek honda wahana


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”honda,News” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *