Motor Motor Yang Bikin Ngeces Sepanjang Kuartal Pertama 2016

Otoborn – Pasar otomotif roda dua di tanah air pada satu tahun belakangan ini bisa dibilang memang membingungkan. Dimana ada yang berkata sekarang ini perekonomian sedang tidak bagus dan penjualan produk lebih lesu dari sebelum sebelumnya, tapi produsen sepeda motor malah semangat membara menelurkan produk baru untuk dibenturkan di pasar nasional.

Bisa kita hitung, semenjak memasuki tahun 2016 hingga akhir bulan Maret ini sudah banyak produk baru dari pabrikan berbeda beda. Tidak hanya pabrikan Jepang, pabrikan India dan China ikutan menggenjot produksi produk baru untuk berkompetisi mempertahankan eksistensinya di Indonesia. Oh iya, untuk tulisan ini kita berbicara kelas 200cc kebawah ya… dari semua yang baru rilis sejak awal tahun ada 5 yang masuk bahasan.

Memang dalam kondisi lebih sulit tidak berarti kreatifitas mudah berhenti, terutama bila sudah berhubungan dengan lini produksi yang menjadi masa depan produsen itu sendiri dunia otomotif roda dua.

xabre byson ncb otoborn 2

Tonton:

Dari beberapa produk yang sudah meluncur sampai dengan menjelang akhir kuartal pertama tahun ini ada beberapa diantaranya yang bikin ngeces… artinya memang membuat kepingin.  Tapi kepingin karena apanya bisa berbeda, mungkin fitur atau desain atau prestige?

Kalau versi otoborn sih ada beberapa yang memang membuat iman bergoyang. Apa saja sih? Bolehlah dilihat lihat sedikit ya…

TVS APACHE RTR200

Motor India ini diperkenalkan oleh TVS Indonesia di tanah air pada awal tahun tepatnya 20 Januari 2016. Otoborn sudah menjajalnya di atas aspal sirkuit Sentul besar waktu itu. Selain desain yang keluar dari pakem desain motor India di tanah air — selain headlamp — , engine SOHC 200cc 6-speed 4-valve cukup baik merespon rider yang suka betot gas mencari top speed. Suara mesin menjadi harmonis dengan hadirnya muffler unik model double barrel gun yang memang membuat raungannya rasa motor Eropa.  Ban bawaan merk Pirelli ketika diajak berpacu dan cornering terasa istimewa.

 tvs apache rtr200 merah otoborn

Untuk postur mini ini handling masih bersahabat. Dan ternyata split seater tidak hanya soal desain memukau saja, (maaf)bokong ini juga betah menempel diatasnya tidak licin ketika geser geser cornering. Rahasianya ada di Spon yang tidak dilapis kulit lagi.

Satu lagi, ada fitur menarik yang akan disuka para speedfreak… TVS Apache RTR200 yang sudah fuel injection ini bisa merekam raihan topspeed. Ini juga bisa jadi nilai lebih. Harga 24 jutaan OTR Jakarta lumayan berani untuk pabrikan India yang jaringannya belum seluas pabrikan Jepang.

otoborn-tvs-apache-rtr-200-sentul-indonesia-2016-01

Baca artikelnya: Menolak lupa sensasi geber TVS Apache RTR200 di Sentul International Circuit Bogor Indonesia

YAMAHA XABRE

Untuk motor satu ini sisi desain jelas mencolok dan menjadi ciri khasnya. Resmi rilis oelh PT.YIMM di tanah air pada 1 Februari 2016 lalu yang bikin ngeces paling pertama yaitu suspensi bawaan sudah mengusung model upside-down (USD). Belum banyak yang berani jadikan usd sebagai komponen standar pabrikan. Kedua, speedometer model backlight negative, full digital. Sejauh ini di tanah air baru ada produk moge yang punya seperti itu, padahal Xabre hanya SOHC 150cc 6-speed 4-valve. Apalagi? Starter elektrik unik ala moge MT-07 lumayan juga… tapi ngga terlalu ngeces disitu sih.

depan kiri yamaha xabre otoborn 2016

Yang memang bikin ketagihan ketika riding, untuk postur mini ini terasa gagah nunggang diatasnya. Bodi motor yang terlihat lebar ternyata tidak menyulitkan handling. Hanya saja perlu terbiasa dengan riding style yang berbeda dengan sepeda motor naked atau sport fairing kebanyakan. Meskipun agak mirip dengan riding supermoto pembeda paling ‘berasa’ yaitu fuel-tank berlapis kondom plastik yang menjulang tinggi cukup ‘menerawang masa depan’ atau bahasa nyeplosnya ‘nyiksa biji’… terutama sehabis braking. Sering sering perbaiki posisi duduk deh. Tapi semua itu cuma butuh terbiasa saja kok. Harga 29 jutaan OTR Jakarta, kelas premium?

xabre test kubangan (2)

Artikelnya bisa dibaca di : Yamaha Xabre 150 Part 1 : Meet Impression… How It Looks?

Baca juga:

SUZUKI SATRIA F150 FI

Sepeda motor bebek underbone yang diperkenalkan oleh PT.SIS tanggal 14 Februari 2016 lalu juga sempat dijajal turun sirkuit bersama media dan blogger lain yang hadir waktu itu. Konsep ayago atau ayam jago memang selama 10 tahun belakangan ini ditekuni oleh pabrikan Suzuki di tanah air. Dan versi fuel injection ini ternyata memiliki keistimewaan pada performanya.

 new satria f150-macho bright blue-otoborn.com

Jujur, otoborn jatuh cinta pada performa mesin DOHC 147cc 6-speed-4-valve (lengkap dengan radiator super besar) yang berkarakter overbore dan ketika All New Satria F150 FI ini diajak lari di sirkuit sungguh menantang nyali… dimensi mungil dan bobot yang ringan membuat sulit puas meskipun sudah betot gas sampai speed diatas 138 kmph pun… Apalagi perangkat rem terasa empuk dan nyaman sepertinya sesuai dengan gaya riding otoborn.

Speedometer pun tergolong paling lengkap dari yang ada dikelasnya. Sayangnya, mungkin karena faktor usia yak… riding berlama lama meninggalkan kesemutan di tangan. Memang sudah menjadi khas model ayago yang kalau belum terbiasa bikin pegel pegel maksimal… :lol

Harga 23 jutaan OTR Jakarta

all new satria f150 injeksi 2016 otoborn.com 02

Silahkan lihat artikel : Suzuki All New Satria F150 FI 2016 Part 3 : Performa Lebih Dari Menjanjikan

HONDA ALL NEW CBR150R

Nah, yang ini juga kebangetan. Bedanya dengan yang lain, sisi mesin tidak diambil pusing. Karakter DOHC nearsquare 149cc 6-speed 4-valve  jelas berbeda dengan overbore. Meskipun tenaga mengisi di setiap rentang, rasanya kok tiap gear gampang mentok rpm… Tapi ya sudahlah…

all new cbr150r white otoborn 03

Yang bikin ngeces dari sepeda motor AHM yang dirilis pada tanggal 14 Februari 2016 di sirkuit Sentul besar Bogor yaitu lebih banyak karena desain body yang memang beda dengan klan CBR series pendahulunya. Garis desain tegas menonjolkan aura sporty sehingga sebagai sport fairing anyar memang menggoda. Bakan terkesan segaris dengan moge CBR500. Dashboard terkesan mewah karena sudah mengusung teknologi speedometer full digital. Abaikan muffler standar ncb yang menempel disana kalau kurang suka melihatnya. Dengan bobot yang lebih ringan juga berpengaruh pada handling yang juga ringan, untuk postur mini ini otoborn merasa mudah beradaptasi diatasnya. Total Control?

Dan sangat disayangkan harga 33 jutaan OTR Jakarta dikeluhkan terlalu tinggi juga ya… sampai ada pembaca halaman ini yang setia menunggu akhirnya mundur dan memilih beli seken versi lawas… bahkan ada yang sampai tengok produk tetangga.

Honda All New CBR150R 2016 otoborn.com serong depan OK

Baca juga:

VIAR

Untuk satu ini bukan model sport seperti Viar V1XR atau V5R yang suspensi depannya model upside-down itu loh… Bukan juga matic touring 200cc Viar V1 atau scooter, adventure dan ATV. Melainkan tipe commercial…

Jadi ceritanya kemarin  pulang belanja sama istri papasan dijalan dengan motor gerobak yang dicocokkan dari situs resminya http://www.viarmotor.com mirip dengan Viar New Karya, entah tipe apa. Namun sepertinya sudah dimodifikasi sehingga menyerupai toko kecil berjalan. Nahh… ini sih istri yang ngeces… mungkin bisa untuk support hobi membuat kue sekaligus bisa untuk jadi toko kue dan cafe berjalan… Itung itung touring ala bikers juga khan :lol

Harga mulai 23 jutaan OTR Jakarta.

ilustrasiilustrasiilustrasi

Baca juga: Punya Kawasaki Pulsar 200NS Itu Seperti Ini  Punya Kawasaki Pulsar 200NS Itu Seperti Ini

Kira kira begitulah adanya… beberapa menggoyang goyang iman dan dompet. Dan dari semua yang dituliskan diatas tadi, sangat disayangkan tidak ada yang diskon 99,99%…. :lol

Memang selera mungkin tidak sama, tapi apa salahnya otoborn tuangkan kedalam bentuk opini tertulis di halaman ini… daripada kebayang bayang terus tapi ngga beli beli… ya sudahlah selamat menikmati.

Keep Respect n Safety !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Test Ride,News” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

No Comments














Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *