HOW TO ?

Otoborn – Ada banyak cara agar sebuah blog atau situs mudah dikenal di internet. Beberapa situs raksasa yang mengelola indeks yang tersebar di dunia maya dapat digunakan. Salah satu yang populer yang akan saya ulas tipsnya yaitu Google Webmaster Tools.

Banyak cara untuk menghubungkan situs anda dengan webmaster google ini. Dan akan lebih mudah apabila anda memiliki situs atau blog yang dibina oleh google. Namun bukan tidak bisa dilakukan oleh blog berbasis wordpress.

Cara yang bisa dilakukan diantaranya dengan menambahkan beberapa baris kode HTML atau meta tag di home page atau mengupload file HTML tertentu ke situs anda, memaksimalkan fitur DNS di domain name provider tempat situs anda bernaung, menggunakan Google Analytic atau Google Tag Manager yang anda miliki.

 a01- a a property verifikasi blog google webmaster

Yang akan saya gunakan yaitu menggunakan HTML tag tanpa upload file HTML atau edit file yang ada di server, menambahkan meta tag ke situs atau blog wordpress untuk memverifikasi agar Google Webmaster Tools mengenali sebagai pemilik sah situs.

  1. Mulai menambahkan situs atau blog wordpress dengan mengklik Add a Property di Google Webmaster Tools , pastikan anda punya akun dan login terlebih dahulu.
    a01- a a property verifikasi blog google webmaster
  2. Ketik url situs atau blog anda di field yang disediakan lalu klik Continue
    a02- ketik url verifikasi blog google webmaster
  3. Buka tab Alternate methods, karena Recommended method memerlukan akses khusus ke hosting anda untuk menaruh atau mengedit file HTML
    a03- pilih HTML tag verifikasi blog google webmaster
  4. Di tab Alternate methods ini, pilih HTML tag. Sampai disini, anda perlu menyalin atau copy sebaris kode meta tag yang terdapat di field tersebut ke blog anda. Copy , dan jangan klik Verify dahulu.a04- copy meta tag verifikasi blog google webmaster
  5. Akses menu Perkakas di WP-Admin menggunakan jendela atau tab lain, temukan Layanan Verifikasi Situs Web lalu tempel atau paste meta tag yang anda copy sebelumnya dan Simpan Perubahan di halaman wordpress tersebut.
    a05- paste meta tag ke wp verifikasi blog google webmaster
  6. Kembali ke halaman Google Webmaster Tools, lalu klik Verify.
    a06- klik verify verifikasi blog google webmaster

Apabila tidak ada langkah yang terlewat dan sudah dilakukan dengan benar, maka anda akan berhasil memverifikasi situs atau blog anda sehingga akan tampil status Verified.

Langkah yang diulas di sini merupakan tips alternatif yang simple dan mudah dari beberapa cara yang bisa dilakukan.

Ilmu adalah pemberian dan tidak jarang mendapatkannya secara gratis, pengorbanan yang keluar tidak seberapa dengan manfaat yang didapat. Dan berbagi tidak akan membuat ilmu kita habis, justru sebagai pengganti akan ada wawasan baru yang akan mengisi ruang ilmu melengkapi yang kita miliki.

Selamat mencoba.


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”diy”,”how to”]

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

13 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.