Solusi Joss Modifikasi Lampu AHO HID Projie Agar Tidak Menyilaukan Pengendara Lain

Otoborn – Saya mengalami kejadian tidak menyenangkan ketika sedang riding di daerah Ceger, Jakarta Timur kemarin lusa selagi mencari obat penurun panas sekalian mencari buah jambu yang katanya berkhasiat dan baik bagi penderita Demam Berdarah atau DBD. Namun dari kejadian yang saya alami ternyata diselipkan sebuah solusi yang positif.

O iya, sedikit curhat awalnya mendapat solusi ini. Selama dua hari ini nyaris tidak memantau news otomotif  dan lainnya, dan nyaris tidak keluar artikel, sedang dibuat sibuk dengan kehebohan wabah Demam Berdarah atau DBD di lingkungan kami dimana  sudah mencapai 15 orang korban dirawat di lingkungan rt kami dan sekitarnya. Kebetulan juga kedua putri kami mengalami panas tinggi mendadak dan lemas lemas, membuat sempat panik namun syukurlah setelah kami periksakan di klinik dengan was was diagnosanya ternyata bukan dbd melainkan radang tenggorokan.

Dan kejadian ini ketika saya sedang mencari obat untuk si kakak yang belum juga turun demamnya, hendak mampir isi bbm di depan JIKS (Jakarta International Korean School) Ceger, Jakarta Timur. Melibatkan 2 motor Vario ( kalau tidak salah Vario Techno) dan saya bersama si bungsu di atas si bolang CS1 (bukan sama Iyem) yang saat itu standby dirumah.

   modifikasi solusi lampu silau otoborn 04 a

Kejadiannya hampir saja mencelakakan saya dan si bungsu. Dimana pandangan saya sempat temporary blind akibat silau sorot matic Vario yang sedang mengantri di kemacetan lawan arah tiba tiba memaksa masuk mengambil jalur saya yang sedang melaju… padahal jarak saya hanya sekitar 4 meter didepannya. Ketika rider tersebut mencoba masuk, sorot lampunya yang putih terang langsung mengarah ke mata saya entah high beam atau hid , dan seketika hampir saja saya bertabrakan dengannya.  Belum lagi rider di belakang (dengan lampu terang juga terpantul di spion) yang berboncengan malah asyik mengklakson kasar tidak sabar mau mendahului ketika saya berusaha menstabilkan kemudi dan pandangan, berusaha menepi dengan lampu sein saya aktif. Lirik dikit setelahnya, ternyata matic Vario juga ridernya asik ngobrol…

Kronologi detilnya lihat di screenshoot saja ya, sudah sempat dishare ke group fb, terlalu panjang kalau mau diketik ulang. Setidaknya ada yang saya syukuri dari kejadian tersebut. Kedua pengendara tersebut tidak menjadi pembunuh saya dan si bungsu.

bahaya lampu silau otoborn 01 abahaya lampu silau otoborn 02

.

Salahkah Aku Mencintaimu… lol

Memang beberapa produk roda dua belakangan ini dikeluhkan mengenai setelan sorot lampunya, terutama yang sudah mengusung teknologi LED. Dan ada biker juga yang memang memerlukan pencahayaan lebih untuk kendaraannya karena sering melintas di jalan gelap dan sepi. Atau sekedar ingin gaya gayaan dengan modifikasi area penerangan dengan berbagai macam tipe modifikasi.

Semuanya menurut saya tidak bisa benar benar disalahkan 100%. Karena memang ada yang namanya kebutuhan , ada juga keinginan, dan saya yakin semua sudah ada perhitungan masing masing. Namun, berkaca dari banyaknya kejadian tidak enak bahkan mematikan di jalan raya setidaknya semestinya bisa membuat ‘mata hati dan fikiran’ kita terbuka. Bahwa apa yang sesuai keinginan kita, atau yang sesuai dengan kebutuhan kita belum tentu AMAN bagi pengguna jalan lain.

Ada juga biker yang sadar diri dan tidak enakan terpaksa tebal muka ketika harus melintas melewati depan pak RT atau tetangganya di jalan kecil seperti gang sempit. Dengan kondisi lampu standar yang menyilaukan namun tidak bisa dimatikan karena fitur AHO. Disinilah salah satu kelemahan paket fitur AHO (yang sorotnya tidak pas atau terlalu terang loh) yang menjadi fitur utama pabrikan besar saat ini. Memang sih, per satu produk roda duanya pabrikan bisa diuntungkan dengan pengurangan satu saklar lampu mungkin ambil contoh kasar harganya Rp.10.000 saja per motor. Coba dikalikan ratusan ribu unit motor yang diproduksi, hemat banyak kan tuh.

.

Karena Tidak Safety Itu Terlalu Mainstream Dan Tidak Cerdas !

modifikasi solusi lampu silau otoborn 01 a

Sebagai biker yang cerdas, seharusnya kita menyadari dibalik keunggulan di terangnya sorot lampu yang teraplikasi (dari sananya atau modifikasi) di motor kita ada resiko menghilangkan nyawa orang, atau paling kecil bisa menyulut pertikaian akibat kesalah pahaman. Dan sepatutnya hal tersebut menjadi perhatian utama, terutama mengutamakan Safety berkendara, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan lain.

Jangan mau pasrah saja dengan kondisi serba salah atau serba ‘enak enak tidak enak’ tersebut. Pakailah kemampuan otak untuk menganalisa, memodifikasi dan implementasi sedekat mungkin dengan unsur safety. Tidak harus merogoh kocek dalam dalam, pasti ada caranya. Jangan mau lah kalah sama rider mainstream… yang terima apa adanya atau menunggu dikasih kebaikan. Mulailah kebaikan dari diri sendiri.

.

Solusi Joss Modifikasi Lampu AHO HID Projie Agar Tidak Menyilaukan Pengendara Lain

Dari postingan saya di grup facebook, ternyata ada juga yang merespon positif dengan memberikan solusi bagi rider yang masih mainstream tidak safety tersebut. “Motor apapun bikin saklar on/ off insya Allah bisa di RI Matic Shop & Service 2a6d5cb6 or wa 0811-8989-798 jgn sms..” isi komentar dari akun Ikim Miki. Di workshopnya di daerah Pondok kopi ternyata juga melayani modifikasi masalah sorot lampu atau memasang saklar tambahan agar penerangan lebih fungsional dan sesuai kebutuhan.

modifikasi solusi lampu silau otoborn 03 a

Modifikasi bisa merubah fitur  AHO hanya menyala untuk lampu senja misalnya, sisanya dikontrol oleh saklar simple yang ditambahkan di headcover motor matic atau di stang motor tipe sport. Sewaktu waktu butuh cahaya lebih dan lampu utama atau tambahan mau difungsikan tinggal mankan saklar. Biker kembali dituntut kesadarannya masalah penggunaan lampu ini, harus lebih aware dan tidak lagi manja sama Automatic ON yang salah satu manfaatnya agar tidak lupa menyalakan lampu sebelum berkendara dan tidak menyalahi aturan perundang undangan di jalan raya. Namun kalau memang manual menjadi lebih safety kenapa tidak ?

modifikasi solusi lampu silau otoborn 02 a

Bagi yang ingin bertanya tanya atau berkunjung serta menerapkan solusi yang ditawarkan oleh akun Ikim Miki di facebook ini, silahkan simak contactnya berikut :

RI Matic Shop & Service

Jl. Pondok Kopi Raya No.5 Jakarta Timur

Phone/SMS : 021-9213-2244 / 0818-185-642

BBM : 2a6d5cb6

WhatsApp : 0811-8989-798 (jangan telpon)

Meskipun bertajuk Matic Shop, juga menerima motor sport loh.

Tertarik? Silahkan buktikan sendiri ya apakah memang ini solusi yang tepat atau tidak… nanti share ya bagaimana hasilnya. Kejauhan ? Cari saja bengkel atau workshop sejenisnya di daerah anda, saya yakin banyak kok orang kreatif yang tidak pasrah saja dengan segala standar yang kurang safety. Berusahalah mencari lebih apek lagi, modifikasi  untuk kebaikan, why not ?

–note:

tulisan ini dibuat bukan untuk memojokkan salah satu merk atau tipe namun sebagai fakta dan wawasan untuk mencari solusi yang efektif, applicable dan safety untuk semua pengguna jalan.


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”intermezzo”,”news”]

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

22 Comments







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *