AHM Akan Merilis Honda Naked NC Series 250cc ?

Otoborn – Beberapa hari yang lalu muncul teaser produk baru Honda melalui twitter @welovehonda, dan otoborn share kembali di artikel mengenai teaser AHM akan rilis diversifikasi Honda NC750X di tanah air.

Kenapa sih harus mengarah ke bigbike Honda NC750S? Bukannya bisa saja kalau itu sebenarnya naked 250cc turunan dari CBR series misalnya?

Bila memperhatikan lebih teliti siluet yang diumbar pada kicauan tersebut ada 3 kemiripan dengan sosok kuda besi besar Honda tersebut yakni sebagai berikut:

Honda-NC750C-ilustrasi-otoborn-03

Mesin / Engine

Tampak mesin yang terpasang nyaris tiduran, dengan ukuran lumayan besar, bila dibandingkan dengan mesin yang terpasang di Honda NC750S 2014 mesin tersebut tampaknya serupa. Konstruksi mesin seperti ini memungkinkan Honda menyediakan bagasi pada barisan NC seriesnya. Bila dibandingkan dengan mesin CBR 250, jelas berbeda karena konstruksinya lebih tegak.

honda-nc750s-2016Honda-NC750C-ilustrasi-otoborn-00

FuelTank = Luggage ?

Pada bagian ini memang sedikit tersamarkan oleh garis hijau yang seolah menunjukkan shape desain juga sekaligus menutupi sedikit identitas si kuda besi Honda ini. Namun diperhatikan lebih seksama lagi ada celah yang sama seperti milik Honda NC750S, yang merupakan bagian pintu dari bagasi yang bisa dibuka tutup. Mirip kan?

Honda-NC750C-ilustrasi-otoborn-05

Visor / Wind Shield

Bagian ini yang tampak mirip sekali. Selain shape headlamp yang segaris sebelas duabelas dengan NC750S, sepertinya memang siluet tersebut mengambil gambar yang sama dengan gambar yang saya intip dari warung sebelah. Coba perhatikan, sama khan?

Honda-NC750C-ilustrasi-otoborn-02

Dari semua ciri yang disebutkan diatas tadi, jelas sosok tersebut tidak mengadopsi mesin maupun frame dari Honda CBR current. Dengan konstruksi mesin tegak sepertinya sulit mengharapkan bagasi luas disematkan disana, meskipun bukan mustahil. Bukan mustahil juga Honda memang mempersiapkan versi naked dari CBR250 current dengan fueltank sesungguhnya di bagian depan sehingga tanpa bagasi, namun semestinya bila berhitung cost produksi bisa menjadi bengkak, karena siluet menunjukkan bahwa si naked ini tidak common parts dengan CBR250 fairing current.

Bagasi honda nc750s ilustrasi otoborn

Siluet Tidak Menunjukkan Wujud Aslinya?

Setidaknya analisa ini mengacu pada siluet, apabila memang gambar siluet tersebut memang menunjukkan sosok asli dari calon produk baru Honda ini. Bagaimana bila ternyata aslinya tidak sama dengan gambar ? Maka prosentase kemungkinan produk yang dimaksud oleh teaser tersebut adalah CBR250 versi naked (tidak berbagasi depan alias fueltank asli) menjadi lebih besar. Dan seharusnya bukan hal sulit bagi AHM sekalipun untuk mewujudkan naked bike yang common parts dengan CBR250 current.

Honda-NC750C-ilustrasi-otoborn-06

Tapi bila kita flashback sedikit kebelakang, kebiasaan AHM yang sudah sudah gambar siluet pada teaser mewakili produk yang sebenarnya. Masih ingat dengan siluet New Sonic 150R dan All New CB150R kan? Itu contohnya.

Mungkinkah AHM Merilis Naked NC series 250cc berbasis CBR250 ? — JENGJENG !!!

Menurut saya itu memungkinkan. Namun insinyur Honda perlu memutar otak lebih keras bagaimana memposisikan bagasi seperti pada NC series lainnya agar tidak terganggu oleh mesin tegak yang berada tepat di bawah ruang penyimpanan tersebut. Atau mungkin secara ukuran menjadi tidak seluas yang sudah sudah. Asalkan tidak sekecil bagasi kepunyaan Honda CS1 yang pernah otoborn share, yang sudah lebih dahulu menerapkan konsep motor berbagasi depan ala NC series ini.

Honda-NC750S-ilustrasi-otoborn-01

Tapi semuanya tergantung AHM juga, kalau memang mau dibuat seperti itu apa mau dikata. Karena yang mempunyai perhitungan real dari sisi desain, cost serta penerimaan pasar nantinya sepenuhnya milik AHM.

Dan analisa otoborn ini juga belum tentu benar…karena kebenaran adalah milik sang Pencipta.

JENGJENG…. !


Terima kasih sudah membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat. Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”honda”,”news”]

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Advertisements

9 Comments


  1. Supensi super bike bagian belakang
    Pelek 18 depan belakang
    Jok di perpanjang ke belakang
    Varian warna biru-ungu-hitam-putih
    Trimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *