Otoborn – Tanggal 3 Januari 2015 kemarin dijadwalkan untuk Stage 1 #2016Dakar Rally dan harus diberhentikan paksa oleh Race Director dengan pertimbangan faktor safety peserta atau kompetitor. Manusia hanya bisa berencana, pada akhirnya ada kondisi dimana keputusan untuk membatalkan rencana yang sudah jauh jauh hari dimatangkan tersebut.

Rally yang dipecah menjadi empat kategori terdiri dari 136 Bike, 45 Quad, 110 Car dan 55 Truck ini menuntut jaminan keselamatan yang tinggi, yang juga menjadi tanggung jawab penyelenggara kompetisi Dakar ini. Cuaca semakin memburuk ketika jadwal start sudah harus dimulai. Semenjak para kompetitor bersiap otw menuju Special stage (SS) , dengan amat sangat terpaksa Stage 1 yang sempat diputuskan delay harus dibatalkan.

 Joan Barreda at the close of the cancelled Stage 1 © Flavien Duhamel/Red Bull Content Pool
Joan Barreda at the close of the cancelled Stage 1 © Flavien Duhamel/Red Bull Content Pool

Indikasi paling wajib diperhatikan yaitu ketika cuaca memaksa helikopter SOA yang bertugas memastikan keselamatan kompetitor tidak dapat beroperasi. Bagaimana bisa menjamin keselamatan, kalau terbang mengawal para kompetitor tidak memungkinkan. Akhirnya beramai ramai kompetitor menuju Villa Carlos Paz yang seharusnya menjadi ASS atau tujuan akhir dari Stage 1 melalui tol, lalu bersiap untuk Stage 2 hari berikutnya.

Video Ketika Ajang Rally Terganas Harus Mengalah Pada Cuaca Ganas

Supaya tidak penasaran dengan kondisi yang terjadi di Argentina ketika Stage 1 harus dibatalkan, silahkan simak video Tim Coronel Racing yang otoborn share di bawah ini. Dalam video menggambarkan kerumitan seperti apa yang dirasakan para kompetitor ketika menjelang dan sedang memasuki jam jam seharusnya rally Dakar Stage 1 berlangsung. Klik disini apabila ingin membuka dengan aplikasi Youtube di smartphone anda.

Seru atau seram hayooo…? Meskipun video berdasarkan keterangan dari Tim Coronel Racing saya rasa ini cukup untuk menggambarkan keseluruhan situasi ketika itu. Kalau hanya riding untuk sendiri mungkin anda bisa nekad… Nah kalau yang satu ini tentu berat bagi penyelenggara dimana harus bertanggung jawab pada keselamatan ratusan pesertanya.


Terima kasih sudah dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat. Kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”dakar”]

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.