Sebastien Loeb : From Passions To The World Champions Tittle !

Otoborn – Sosok yang menjadi salah satu andalan di Peugeot Total Team #2016Dakar Rally ini memang pantas diandalkan. Bersama rekan setimnya baru saja mencetak posisi dua teratas di ajang rally terganas ini. Dengan mengendarai All New Peugeot 2008DKR16, Sebastien Loeb yang parasnya mirip almarhum tokoh utama serial movie Fast&Furious ini menunjukkan kualitasnya. Peugeot Total Team tidak salah menempatkan dirinya disalah satu kabin mobil rally terbaiknya.

Sebastien Loeb sosok pria kelahiran Haguneau, Elsace, Perancis tanggal 26 Februari 1974 merupakan driver yang memiliki karir  paling berhasil sepanjang sejarah World Rally Championsip (WRC). Sebagai driver rally dan racing professional Sebastien Loeb sudah mengantongi rekor kemenangan sembilan kali ketika membela Citroen World Rally Team. Amazing!

stage-2-dakar-car-peugeot-2016

Tidak hanya itu, di WRC pria yang akrab disapa Loeb ini juga pemilik rekor kemenangan terbanyak, podium 1 terbanyak dan peraih poin terbanyak. Super Fantastic! Sebagai seorang rally dan racing driver professional berkebangsaan Perancis, Loeb dijuluki the French Sportsman 2007 dan 2009. Dan pada 2009 juga mendapat gelar knight of the Legion of Honour (Légion d’honneur) yang diberikan oleh Presiden Perancis Nicolas Sarkozy.

Flashback ke belakang. Sebastien Loeb awalnya menggeluti bidang Gymnast dan memiliki prestasi yang sangat baik di bidang tersebut. Empat kali juara Alsatian Champion, satu kali juara French Grand East dan juara lima di French Championship. Namun rupanya sempat putus sekolah pada tahun 1992, dan melanjutkan kelas pada tahun 1994 pada jurusan electrical engineering. Namun sejarah prestasi di dunia racing dan rally bermula ketika  dirinya terpesona oleh kecepatan dan dimiliki Ferrari Testarossa 512 TR. Loeb menyadari bahwa dia memiliki passions pada dunia kompetisi roda dua.

stage-2-dakar-car-peugeot4-2016

Sebastien Loeb : From Passions To The World Champions Tittle !

Berawal dari keputusannya berhenti dari kelas dan pekerjaannya sebagai seorang tenaga elektro di usia 21 tahun yang dijalani secara paralel dengan kelasnya sejak 1994 lalu menggeluti dunia Rally pada tahun 1995 silam, Loeb terjun ke ajang French Citroen Saxo Trophy series dan meraih titel kemenangan pertamanya tahun 1998 silam. Dimentori oleh Citroen Sports team priscipal, mencetak prestasi titel juara rally pertamanya pada tahun 2001 di ajang Junior World Rally Championship dengan menggeber Citroen Xsara WRC memenangkan 5 dari 6 gelaran rally, dan pada ajang tersebut hanya satu seri yang tidak dimenangkan yaitu seri Rallye Sanremo. Tahun berikutnya Loeb juga menjadi juara dunia di ajang WRC 2002 di seri Rallye Deutschland pada tahun pertama menjadi WRC driver bersama tim pabrikan Citroen yakni Citroen World Total Rally Team.

Tahun 2003 masih bersama Citroen Factory Racing Loeb memenangkan 3 seri yaitu Rallye Monte Carlo, Germany dan Sanremo mengantarkannya hanya sampai pada posisi runner up, namun hanya berselisih 1 poin dari sang juara Petter Solberg ketika itu yang telah berhasil merebut titel juara dunia WRC darinya. Dan pada tahun 2004 Loeb meraih 6 kemenangan sekaligus mengunci gelar juara dunia WRC 2004. Ketika itu merupakan gelar Manufacturer kedua kalinya untuk pabrikan Citroen. Loeb memenangkan snow-based Swedish Rally. Di atas gravel juga memenangkan Cyprus Rally, Rally of Turkey dan Rally Australia. Di atas aspal, juga memenangkan Monte Carlo dan Germany. Dan pada tahun yang sama menjadi pemenang di kejuaraan Nations Cup for France. Wow !

Semenjak itu Loeb memenangi semua rally termasuk menjadi juara dunia kecuali tiga rally di awal dan tahun 2012 menorehkan sejarah menjadi juara dunia selama sembilan kali untuk ajang WRC. Loeb sempat diberi hadiah oleh RedBull yang menjadi sponsor utama Citroen untuk beraksi mengetest jet darat Formula One pada tahun 2007 dan meraih 8 besar tercepat.  Wah, pada 2011 Rio Haryanto meraih 8 besar juga loh ketika test bersama Marussia…. Canggih…

sebastien-loeb-mikko-wrc-dakar-car-peugeot2-2016

Diantara prestasi dan aksi rally yang digelutinya, Sebastien Loeb juga membawa pulang gelar Champions of Champions dan Henri Toivonen Memorial Trophy, memenangkan Race of Champions sebanyak 3 kali tahun 2003, 2005 dan 2008. Dan pada penampilan perdananya di ajang X-Games XVIII tahun 2012 Loeb memenangkan final RallyCross.

Tahun 2013 Sebastien Loeb fokus di ajang FIA GT Series , dengan menggawangi  Sebastien Loeb Racing  menggeber  McLaren MP4-12C memenangkan 3 race kualifikasi dan 1 kemenangan dalam race kejuaraan mengantarkan Loeb finish di posisi 4 pada klasemen akhir. Dan di tahun yang sama mengikuti ajang Porsche Supercup namun tidak tampil maksimal di Circuit de Catalunya dan Circuit de Monaco dengan finish posisi 11 dan 16.

Tahun 2014 lalu Loeb tercatat meraih posisi 3 di akhir klasemen pada ajang World Touring Car Championship dengan mengendarai Citroen C-Elysee WTCC , dan tahun 2015 kembali beraksi di WTCC dengan perolehan akhir klasemen juga posisi 3.

Kini seperti kita ketahui Sebastien Loeb beraksi dengan Peugeot 2008DKR16 bersama tim pabrikan Peugeot Total Racing. Ketika artikel ini ditulis, Sebastian Loeb baru saja menorehkan kemenangan di Stage 2 #2016Dakar Rally di Argentina. Dan bagaimana aksi Loeb bersama Peugeot ini bisa dilihat intermezzo video berikut ini.

Panjang ya sejarah karir seorang Sebastien Loeb… hufff… Dan ini tidak bisa semua tertulis di halaman ini. Masih jauh dari mendetil. Namun anda bisa mencoba mencari tau lebih jauh mengenai sosok ayah dari seorang gadis bernama Valentine dan suami dari Severine yang mengelola Loebs Event hospitality sekaligus co-drivernya di ajang non championship di mesin pencari google atau simak sejarah singkatnya di wikipedia.


Terima kasih sudah dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat. Kunjungi juga artikel lainnya

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Iklan

8 pemikiran pada “Sebastien Loeb : From Passions To The World Champions Tittle !

  1. Ping balik: Hasil Stage 3 #2016Dakar Rally Termas De Rio Hondo – San Salvador De Jujuy | otoborn

  2. Ping balik: #2016Dakar Rally Amazing Cars Category Winner Congratulation To All Champions | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s