Rio Haryanto Menuju Karir Balap Roda Empat Tercepat Formula 1

Otoborn – Pebalap tanah air untuk roda empat yang sudah berulang kali mencetak prestasi di kancah balap internasional akhirnya memiliki peluang besar dapat beraksi di ajang balap bergengsi Formula 1.

Rio Haryanto lama berpacu di atas lintasan GP2 dengan prestasi yang sangat baik disandingkan dengan pebalap pebalap roda empat tanah air lainnya. Dan setelah sempat menjajal jet darat kepunyaan tim Manor Grand Prix Racing pada tahun 2012 silam, Rio kembali mengemudikan Manor development car pada sesi test akhir musim pekan lalu. Manor mengajak Rio berpartisipasi dalam pengujian akhir ban Pirelli sebelum major overhaull  yang akan dilakukan pada MR03B. Tidak hanya pengujian, Manor sangat tertarik menggandeng Rio Haryanto sebagai pebalap resminya untuk musim depan.

IMG_20151212_094714

Sesi test yang dilakukan di Abu Dhabi  Rio Haryanto mengaku terkesan atas pengembangan yang dilakukan oleh Manor, MR03B yang dikendarainya memiliki banyak peningkatan dan potensi dibandingkan dengan yang dikendarainya beberapa tahun lalu, meskipun yang dikendarainya pada sesi ini masih spesifikasi Ferrari power unit 2014, bukan yang terkini yakni Mercedes power unit. Diakuinya memang perlu sedikit penyesuaian untuk mengenal dan memahami kembali karakter mesin, namun melihat Rio begitu enjoy di atas jet darat tersebut sepertinya tidak terlalu sulit untuknya berusaha menjadi kompetitif di atas lintasan Formula 1.

IMG_20151212_100752

Pebalap muda berusia 22 tahun ini menyelesaikan 56 lap dengan catatan waktu terbaiknya 1:49:593 yakni lebih cepat 0.068 detik dibandingkan tester Manor Jordan King yang juga menjadi kompatriotnya di GP2.

Di ajang GP2 sendiri, Rio memenangi 3 sprint races di Bahrain, Austria dan Silverstone bersama tim Campos Racing. Mengakhiri musim 2015 di posisi 4 berselisih 1 poin saja dari Sergey Sirotkin pebalap yang berada diatasnya pada klasemen akhir, perolehan tersebut bisa lebih baik seandainya tidak ada insiden yang mengakibatkan balapan harus dihentikan lebih awal.

IMG_20151212_094024

Jelas saja mentri pemuda dan olah raga Imam Nahrawi berani menanda tangani surat jaminan yang ditembuskan kepada Chalker Way dari Manor Grand Prix Racing, agar Rio bisa membalap bersama Manor untuk musim 2016 mendatang, sebuah keberanian dan harapan dari pemerintah Indonesia untuk mendukung putra bangsa beraksi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah balap roda empat tercepat di dunia ini.

Karena, beraksi di ajang Formula 1 seperti tim sepak bola beraksi di Piala Dunia, yang sangat sangat sulit terwujud. Rio pun menyingkirkan 5 kandidat kuat lainnya yang juga berkelas dunia yang sempat diisukan akan membalap bersama Manor.

IMG_20151212_101945

Hari Senin tanggal 14 Desember 2015, manajemen dari Rio Haryanto akan kembali berunding dengan Manor di Inggris, mendiskusikan biaya jaminan awal agar bisa dicicil karena dana jaminan sebesar 15 juta Euro atau senilai 232 milyar rupiah tersebut tidaklah kecil.

IMG_20151212_094327

Semoga saja dilancarkan segala upaya yang dilakukan untuk Rio agar bisa berebut poin di kejuaraan jet darat Formula 1 ini. Indonesia bisa menjadi lebih produktif, bergairah dan kedepannya semakin banyak pebalap asal tanah air yang berjaya di kancah internasional. Sehingga kelak apabila balapan bisa digelar di tanah air, perekonomian masyarakat Indonesia semakin membaik.

IMG_20151212_100741

Ngomong ngomong , pebalap tanah air satu ini suka tempe ngga yah…


Terima kasih sudah berbagi artikel ini, silahkan kunjungi halaman lainnya

Iklan

3 pemikiran pada “Rio Haryanto Menuju Karir Balap Roda Empat Tercepat Formula 1

  1. Ping balik: Sebastien Loeb : From Passions To The World Champions Tittle ! | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s