Geleng Geleng… Topspeed Satria Injeksi 177.5 km perjam Versi TMC

Otoborn – Kemarin sudah ada perhitungan topspeed dari laskarsuzuki yang katanya menurut perhitungan di atas kertas mencapai 174 km/jam. Itu saja sudah bikin merinding, untuk ukuran motor kecil nungging berkubikasi 147,3 cc rasanya seperti mimpi di siang bolong.

Suzuki Satria FU versi injeksi yang konon dijadwalkan akan dirilis bulan Januari 2016 ini memang menjadi perbincangan hangat dikalangan penghobi kecepatan, dan khususnya di kalangan pecinta kuda besi underbone model ayago ini. Terutama kuda besi ini dikatakan siap meladeni kompetitornya New Sonic 150R yang mulai ganas di pasar ayago. Bahkan, kemunculan foto foto yang bocor dari internal Suzuki menjadi hot traffic di dunia maya. Bagaimana tidak, meski sedikit demi sedikit, ternyata sekalinya muncul penampakan fotonya langsung jelas menunjukkan keseluruhan wujud si kuda besi ayago injeksi ini.

Seperti foto foto di bawah ini.

aleix espargaro new satria media

Saya kira perhitungan dari admin laskar suzuki yang sempat saya ceritakan kemarin sudah yang ter edan yang pernah ada mengenai si ayago Suzuki ini. Ternyata, masih lebih gawat perhitungan dari wak haji yang menggunakan software online penghitung top speed masing masing gear hingga rpm maksimum.

Satria FU versi injeksi kabarnya akan memiliki Final Reduction Ratio sebesar 38/14 atau kisaran 2,714 . Sedangkan Primary Reduction Ratio nya mencapai angka 69/21 atau kisaran 3,245 . Pada gambar yang ditampilkan, sangat detil perbandingan ratio gear per gear dari Satria FU Karburator, yang memiliki Final reduction Ratio 43/14 atau kisaran 3,071 dan Primary reduction Ratio 70/20 atau kisaran 3,285 .

Silahkan amati, hasil perhitungan menggunakan software yang wak haji pakai sehingga top speed Satria FU Karburator mencapai 151,4 km/jam.

FU-Karb-teori-topspeed

[display-posts category=”suzuki”]

Bagaimana dengan Satria FU versi injeksi ? Ada nih perhitungannya. Diasumsikan ukuran ban belakang, rantai dengan ukuran dan jumlah mata yang sama dengan versi karburator dengan putaran mesin mentok 13.500 rpm sesuai bocoran yang sebelumnya diberitakan, maka hasilnya Satria FU versi Injeksi akan mencapai topspeed 177,5 km/jam !!!

FU-FI-teori-topspeed

Lemes deh… kalo mau lebih jelas silahkan kontak yang punya perhitungan.

Beneran apa ya?

Yah, perhitungan ini sah sah saja, memang secara teori mungkin dicapai angka tersebut. Lagi lagi, silahkan untuk membuktikan real topspeed silahkan gunakan mesin dyno test … kalau nanti unitnya sudah rilis tentunya hehe…

Apabila hasilnya masih jauh dibawah angka tersebut, perlu diingat dan disadari, pada perhitungan tersebut belum ada hambatan angin, gesekan komponen mesin, dan diatasnya belum ada alki yang berboncengan dengan mas nur, mang apip, mang uis, mas anang, mang asep geber ala TT menuju jonggol

Terlebih hambatan kemacetan di jalanan Jakarta yang sudah menjadi legenda hidup di tanah air ini… hiks.

Yah, selain perhitungan ini tentunya banyak hal yang harus disesuaikan juga untuk mencari hati pecinta ayago, khususnya untuk merebut pasar dari kompetitor.

Semoga penasaran.


Terima kasih sudah bantu share, simak juga artikel lainnya ya..

[display-posts offset=”12″]

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *