Ternyata Begini Nyala Lampu Yamaha M-Slaz aka MT15

Otoborn – Memang harus diakui sang jagoan baru Yamaha yang berbuntut pendek ini memiliki desain yang berani. Terutama di sisi desain headlamp.

Berbagai tanggapan terdengar dari penampakan awal yang hanya spyshoot (dibilang keren), lalu penampakan menjelang rilis (dibilang wagu), dan kini setelah Yamaha M-Slaz rilis di Thailand dan tampak jelas banyak yang berkomentar desain yang satu ini perlu diacungi jempol.

Tidak hanya karena model yang nyeleneh, fitur led yang disematkan juga mendongkrak penampilan.

Nah, dari tempat lek Ari, terlihat betapa apiknya desainer Yamaha merancang pembagian cahaya untuk sport naked Yamaha M-Slaz ini.

Yamaha-M-Slaz-FULL-TMCBLOG007

Terdapat 2 grup lampu yang jelas terlihat secara kasat mata. Dimana disebelah atas ada satu lampu dan dibawahnya satu lagi yang terpecah menjadi 2 .

Perhatikan lampu bagian bawah, benar merupakan lampu utama, yang terpecah menjadi 2 yakni kiri dan kanan. Namu ketika menyala seolah menyatu dalam satu reflektor.

nyala-lampu-m-slaz-1

Bagian atas, yang semula disinyalir merupakan lampu senja, ternyata merupakan lampu jauh. Gambar di bawah saat mesin dinyalakan, lampu utama dinyalakan berbarengan dengan lampu senja.

nyala-lampu-m-slaz-2

Lantas, bagaimana dengan lampu senja ? Bukankah seperti Yamaha X-Ride, yang memiliki lampu senja di bagian atas headlamp begitu?

Nah, ini sesuatu yang berbeda ditawarkan pada Yamaha M-Slaz. Ternyata letaknya ada di antara 2 lampu utama, ditengah tengah.

Begini penampakannya.

nyala-lampu-m-slaz-3

Rupanya Yamaha juga mempertimbangkan soal accu alias aki. ketika kontak diaktifkan, lampu yang menyala hanya lampu senja saja. Sedangkan lampu utama baru menyala ketika mesin hidup.

Bagaimana, sudah jelas kini dan sudah tegas bahwa lampu di bagian atas tidak selalu menyala karena bukan lampu senja. Mengapa tidak menjadi satu reflektor dengan lampu utama ya?

Sebenarnya pada sepeda motor lain yang sudah menganut headlight tipe LED pun juga dipisah antara lampu utama dan lampu jauh atau highbeam. Hanya saja, penempatannya tidak terlalu jauh dari lampu utama. Ambil contoh saja Honda All New CB150R sebagai kompetitor V-ixion series nya Yamaha, dimana lampu utama ada dibagian atas sedangkan high beam dibawahnya. Namun karena terletak dalam satu rumah reflektor, seolah tidak terpisah.

Semoga bermanfaat.


Terima kasih sudah bantu share, simak juga artikel lainnya ya..

[display-posts offset=”12″]

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *