Haruskah Honda Meladeni MT 15 a.k.a M Slaz Versi Tanah Air Dengan Model Sejenis ?

Otoborn – Saat ini sedang ramai di jagad otomotif roda dua mengenai sosok anyar penerus sekaligus pengisi klan MT berkubikasi entry level dari Yamaha, yakni Yamaha M-Slaz yang konon katanya di tanah air kelak memiliki nama MT-15 Xabre.

Setelah sebelumnya beberapa bocoran muncul kepermukaan melalui media di Thailand, lalu spyshoot kontroversial di tanah air yang mana rekan blogger kita sempat mendapat ancaman dari test rider karena merekam kegiatan test jalan raya alias di jalan umum, munculnya render render dari pakar manipulasi visual di dunia maya, hingga akhirnya muncul teaser perilisan dan penampakan jelas wujud M Slaz di Thailand meskipun versi modifikasinya.

Memang motor ini memiliki model yang belum umum di jalanan tanah air untuk kubikasi 200cc kebawah. Mungkin hanya KTM dengan Duke 200 nya yang lebih mendekati modelnya, meskipun jelas sekali kentara perbedaan kelasnya.

wpid-mt151

M-Slaz

Ada pertanyaan yang mengusik, setelah memperhatikan lebih seksama hanya dari gambar saja. Memang secara desain tidak jauh dari render karya anak bangsa yang beredar sebelumnya. Namun seperti yang saya rasakan ketika pertama melihat spyshoot yang beredar, meskipun mengusung model baru sepertinya ada yang kurang sreg atau agak datar.

Hanya saja yang menurut saya perlu diacungi jempol yaitu keberanian membawa model headlamp yang berbeda, buntut pendek dan fitur usd serta penerapan dashboard elegan khas moge MT series serta electric starter yang dipadukan dengan tombol engine stop.

wpid-mt15-red

Banyak komentar yang saya baca bahkan dari rekan blogger lainnya yang merasa antiklimaks dengan penampakan nyata awal M Slaz a.k.a MT 15 ini. Mulai komentar soal kesalahan ada di headlamp, desain yang tidak mengeluarkan aura khas MT Series, disebut wagu dan lainnya.

Saya sendiri berpendapat beberapa perbedaan yang bisa menjadi unggulan dibanding produk kompetitor seperti yang saya kemukakan di awal tadi sebenarnya dapat menjadi sebuah pertaruhan besar. Dan sepertinya akan ada segmen penggemar tersendiri untuk model ini.

Memang sepertinya sesuatu yang mengganjal dari keseluruhan desain ini yang disimpulkan hanya dengan melihat gambar saja harus dipastikan lagi secara langsung dengan mata kepala sendiri, untuk benar benar memberikan fakta kesimpulan bahwa motor ini setidaknya sesuai atau tidak dengan selera pecinta roda dua di tanah air.

Mungkin saja kekurangan ada pada permainan warna yang kurang greget ? Atau mungkin dengan melihat secara langsung ada fenomena magis yang bisa dirasakan sehingga membuat persepsi minus diawal berubah menjadi daya tarik terhadap kuda besi ini  ? Who knows ?

wpid-mt-15-red-21

Pertanyaan besarnya, perlukah Honda atau AHM meladeni produk ini dengan produk sejenis ?

Atau cukup dengan New CBR 150 alias CBR lokal facelift dan bebek sport 150 cc produk diferensiasi dari New Sonic 150R yang masih bersembunyi di markas isolasi AHM ?

Seandainya perlu, mungkin kandidat paling masuk akal adalah sang CB190R yang rilis di China beberapa waktu lalu.

foto-honda-cb190r-yellow-kobayogas

Alasannya, keduanya sama sama mengusung mesin SOHC dan sangat mungkin memiliki komunitas penggemar tersendiri untuk segmen model street fighter pesek berbuntut tepos. Split seat? Bisa diatur itu… Meskipun kubikasi berbeda, justru kekuatan AHM adalah disitu, diluar desain yang menurut saya sudah sangat mewakili selera penggemar roda dua di tanah air.Kalau Honda atau AHM mau meladeni dengan mesin DOHC yang dipakai oleh All New CB150R dengan desain bodi baru, justru hal itu membutuhkan waktu riset dan pengembangan yang tidak sebentar dan bisa membunuh pasar si All New CB150R itu sendiri.

foto-honda-cb190r-kobayogas

Jika anda berfikir kemungkinan mereplace desain CB150R anyar tersebut alias discontinue model yang baru dirilisnya beberapa bulan lalu, saya rasa tidak mungkin. Karena sungguh menjadi fakta bahwa current model digemari karena mainstream dan kenyamanan ala ‘motornya bapak bapak mengantar ibu dan bibi ke pasar’ sangat kental disana. Sedangkan desain CB190R kita lihat sedikit mengorbankan kenyamanan untuk boncenger berusia lanjut.

Jadi, bagaimana kans nya ?

Sedikit melirik ulasanan blogger papan atas mengenai kemungkinan CB190R masuk ke tanah air, pendapat saya setelah mengikuti perkembangan belakangan ini justru menjadi sangat mungkin CB190R dihadirkan di Indonesia, apabila memang AHM berniat meladeni dengan model sejenis dengan Yamaha M-Slaz a.k.a MT-15 a.k.a Xabre loh ya.

Rentang harga tidak boleh dekat dengan All New CB190R, dan sah sah saja berada di atas harga milik kompetitor. Namun jangan terlalu jauh, karena faktor resiko pembelinya cuma seuprit tetap besar.

Bila kita mau melihat secara prestige, meskipun hanya mengusung mesin tipe SOHC, memiliki CB190R tetap menjadi kebanggan tersendiri, karena tidak perlu bertarung dengan pasar CB150R, penggemarnya bisa menikmati aura streetfighter berjiwa muda dan menikmati berboncengan dengan  teman cowoknya… soalnya yang cewek baru mau digebet pakai motor ini.. hehehe

Ulasan ngawur bin ngantuk, sambil menunggui oven menunaikan tugasnya menghasilkan kue enak bikinan istriku. Semoga bermanfaat.


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti@gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Iklan

22 pemikiran pada “Haruskah Honda Meladeni MT 15 a.k.a M Slaz Versi Tanah Air Dengan Model Sejenis ?

  1. Ping balik: Video : Mengintip Fitur All New Kijang Innova | otoborn

  2. Ping balik: All New Kijang Innova, Mendapat Tempat Spesial Di Hati Konsumen | otoborn

  3. Ping balik: Yuk Test Drive All New Kijang Innova Di JCC Senayan | otoborn

  4. Ping balik: Hai Ayago Lovers, Ini Alasan Untuk Menanti Sang New Satria | otoborn

  5. Ping balik: Benarkah Yamaha MT15 OTR Bali Rp 26 Juta ? | otoborn

  6. Ping balik: Trial Honda CBR250RR Semakin Dekat | otoborn

  7. Ping balik: Video Engine Start Yamaha M-Slaz aka MT15, Praktis Bro ! | otoborn

  8. Ping balik: Apache 200RTR Rilis Mesin Generasi Baru RTR Persembahan TVS Untuk Bikers Tanah Air | otoborn

  9. Ping balik: Yamaha Xabre aka M-Slaz Lokal Segera Launching Simak Galeri Versi Standarnya | otoborn

  10. Ping balik: Harga Yamaha Xabre 150 Untuk Indonesia 29.8 Juta Rupiah | otoborn

Silahkan Memberikan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s