Otoborn – Setelah sempat absen selama dua musim, akhirnya sirkuit Monza kembali menjadi tuan rumah gelaran balap motor bergengsi World Superbike untuk musim depan. Tercatat dalam kalender balap musim 2016, Monza akan menjadi tuan rumah pada tanggal 22-24 Juli 2016 tepatnya ketika seri ke sepuluh setelah seri Laguna Seca.

Sirkuit Autodromo Nazionale Monza yang terletak di Italia ini termasuk favorit dikalangan para penikmat kecepatan, karena memiliki banyak lintasan lurus panjang dan chicane yang sangat menantang. Namun sayangnya sirkuit yang pertama kali menggelar WSBK pada tahun 1989 ini harus keluar dari kalendar balap sejak 2013 lalu, masalah safety diantaranya insiden kecelakaan yang beberapa tahun terakhir meningkat menjadi pertimbangan utama oleh FIM dan Dorna. Salah satunya tikungan pertama chicane telah  banyak memakan korban.

image

Setelah dibujuk bujuk oleh SIAS (Società Incremento Automobilismo e Sport) selaku pengelola Monza, pada awal 2014 FIM WSBK Safety Officers and Inspectors Igor Eskinja dan Frank Vayssie bersama Dorna WSBK Sporting Director Gregoria Lavilla setuju untuk melakukan peninjauan kembali beberapa bagian lintasan yang perlu dimodifikasi demi meningkatkan faktor keselamatan pebalap sehingga bisa kembali menggelar ajang balap WSBK musim 2015 seperti dua sirkuit Italia lainnya, yakni Imola dan Misano. Beberapa bagian lintasan perlu diperlebar menyesuaikan dengan high speed superbike saat ini.

SIAS berusaha mewujudkan keinginan para penggemar sirkuit ini dan melakukan banyak penyesuaian yang diperlukan. Namun nyatanya musim 2014 Monza belum bisa kembali menjadi tuan rumah, sehingga para penggemar gelaran di sirkuit ini terpaksa kembali menelan kekecewaan mendalam.

image

Pemenang terakhir di sirkuit ini pada ajang WSBK yaitu Marco Meilandri yang berpacu di atas BMW S1000RR HP4, sedangkan fastest lap dicetak oleh Tom Sykes yang membela Kawasaki Racing dengan ZX-10R dengan torehan waktu 1m 42.229s , dan Sykes juga meraih pole untuk musim 2013 itu.

Berikut ini jadwal kalender balap World Superbike Championship

Date.    Track
26-28 February Phillip Island
11-13 March Buriram
1-3 April Aragon
15-17 April Assen
29 April-1 May Imola
13-15 May Sepang
27-29 May  Donington Park
17-19 June Misano
8-10 July Laguna Seca
22-24 July Monza
16-18 September  Lausitzring
30 September-2 October  Magny-Cours
14-16 October  Jerez
28-30 October  Losail

image

Semakin seru, sirkuit dengan nilai sejarah tinggi ini akhirnya kembali menyemarakkan ajang balap roda dua internasional ini.
Sambil menyaksikan aksi legenda MotoGP Nicky Hayden di atas kuda besi CBR 1000RR bersaing dengan mantan penyemplaknya yang sudah berjaya melalui Kawasaki ZX-10R nya, Jonathan Rea.

Semoga bermanfaat.


Kunjungi juga coretan lainnya :

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.