New Sonic 150R, Bisa Digini Gituin Nggak ?

Semenjak melihat langsung Honda New Sonic 150R, jujur memang ada beberapa bagian yang memang bikin gemes, bikin gatel pengen modif aja bawaannya.. hehe.. Mungkin diantara pembaca ada yang sependapat dengan saya. Dilihat secara keseluruhan, desain bebek sport underbone ini memang tidak jelek, malah terkesan lebih agresif dibanding milik tetangga. Yah namanya selera, pasti ada aja yang dibilang kurang.

2015-08-28_16.30.12

Yang pasti sudah sering terdengar dari komentar para pengunjung blog blog otomotif yaitu desain stop lamp yang dibilang ngga banget itu. Ada juga yang menyayangkan kenapa yang ini ngga begitu… yang itu ngga begini.. dan lain lain.

Hmm.. coba ya saya komentari sedikit sedikit, mungkin atau tidak modifikasi beberapa bagian ini dilakukan, dan tanpa mengurangi aspek keselamatan dan kenyamanan berkendara.

  1. Tampilan Stop Lamp, 2015-08-28_16.40.36bagian ini yang paling awal muncul dan ramai dikomentari.. ketika spyshoot muncul saat sedang diatas truk distribusi, banyak yang mengungkapkan kekecewaan desain disisi ini. Bahkan bloger ternar pun ramai-ramai gegap gempita menyambut  kasak kusuk soal ini.. hehe.. Mungkin modifikasi skotlite bisa sedikit mengubah tampilan, setidaknya ngga standar bawaan..hehe Bagaimana apabila subtitusi dengan stoplamp motor lain? Kira-kira pakai punya motor apa ya? Meskipun hal itu memungkinan, dengan modifikasi dudukan atau sedikit coak-coak (..aduuh,,nyeri bacanya..) bagian plastik pelindung samping buntut si Sonic, perlu diingat bahwa stoplamp New Sonic 150R ini sudah menganut led. Sehingga perlu dikalkulasi ulang apabila penggantian part ini menggunakan tipe bohlam biasa alias bukan led. Sedangkan bila anda berfikir akan mengambil bagian led nya saja (tidak dengan housing asli stoplam si Sonic) untuk dicangkokkan ke housing model bohlamp, bukan ngga mungkin. Tapi apa ngga sayang, biar begitu itu aseli loh !
  2. Sein Belum LED, 2015-08-28_16.52.05yup.. ternyata yang menggunakan led hanya grup merah-merah aja di bagian belakang ini, dan pada headlamp. Sein masih menggunakan bohlam biasa. Penggunaan led diyakini lebih awet dan terang (meskipun ada juga resiko penggunaan led apabila terkena mata, seperti dishare mas ardiyanto disini ), serta irit daya. Diharapkan gejala aki boncos seperti pada pendahulunya Honda CS1 ngga terulang lagi di New Sonic 150R ini. Tentunya kita berfikir akan lebih yahud kalo sein juga mengaplikasikan led, alih-alih menggunakan bohlam standar bawaan, kalo kita ragu akan daya tahan dan berpendapat bisa membantu pengiritan daya aki. Mungkinkah diterapkan ? Bisa saja kok diganti dengan produk aftermarket yang khusus dibuat untuk sein sepeda motor, banyak loh yang jual. Bloger senior juga ada yang sudah mereview penggunaan led untuk sein sepeda motor. Untuk penggantiannya sendiri tampaknya tidak sulit. Meskipun ada juga yang mengalami masalah sein tidak berkedip sempurna, namun ada solusi yang dibahas di sini dan disini . Terlihat dari gambar, untuk mengganti part bohlam ini tidak perlu membuka mika lampu. Cukup membuka jok , lalu cari soket lampu sein , putar sedikit dan tarik keluar. Pastikan saat melakukan ini, kelistrikan dalam kondisi mati. Selanjutnya terserah anda.
  3. Foot Step Biasa Banget, 2015-08-28_16.39.03kenapa ngga model lipat ? Iya memang model lipat terlihat lebih sporty, memudahkan ketika si Sonic parkir berdempetan dengan motor lain di parkiran umum yang rapet-rapet. Ya sama-sama tau lah.. pastinya secara cost akan lebih murah model seperti ini dibanding model lipat, dan itu juga berpengaruh ke harga jual. Setuju? Mungkin saja menerapkan model lipat, tapi itu berarti harus rela memotong footstep asli demi mengganti dudukannya dengan model custom atau punya motor lain seperti Yamaha Scorpio misalnya. Rela ?
  4. Model Gear Shift mengecewakan, 2015-08-28_16.34.52ya secara look mungkin biasa saja. Namun bagi yang sudah menyemplak motor ini mungkin memiliki pendapat berbeda. Mengganti dengan part aftermarket model underbone bisa saja, konsekwensinya footstep belakang juga harus disesuaikan agar tidak mengganggu ketika shifting. Terutama ketika sedang bawa cabe cabean  boncenger tentunya. Sedangkan kalo mau pasang part kepunyaan motor lain yang lebih sexiehh seperti punya CS1 (dibisikin tetangga) perlu diukur-ukur dulu..  Karena ngga ada unitnya saya ngga bisa tes.. Ya ndak mungkin khan di dealer saya bongkar bongkar.. bisa disayang sayang security sayah… hehehe
  5. Knalpot Kok Gitu, alias pasaran? 2015-08-28_16.39.03Kembali ke cost produksi loh, mau model lebih bagus ada konsekwensi harga jual juga. Mau ganti aftermarket? Ikutin perkembangan peraturan terkait knalpot bising aja dulu.. sekarang-sekarang ini banyak knalpot aftermarket yang bikin pengguna rela ngga rela harus melepas ditempat ketika terjebak razia knalpot, dari curcol curcol yang beredar di internet kayaknya memang masih disama ratakan mau knalpot merk dan jenis apapun kalo ngga standar bawaan motornya ya musti ditindak.
  6. Behel Kurang Sporty, yang ini jelas selera. 01Serba salah, dikasi model begini dibilang standar atau mirip sama si anu.. baik mirip supra atau mirip bebek tetangga. Dikasi model tanduk juga adaaa aja komennya, dibully wifi berjalan..hehehe. Yah, namanya manusia ngga pernah puas ya udah sifat dasarnya khan. Lagian namanya komentar kan gratis, ngga bayar, wajar kalo yang komen se-enak udel aja.. hahaha… Buat pemilik New Sonic 150R yang ingin sekedar membedakan dengan kondisi standar, juga memperhatikan part yang satu ini. Ada komentar yang berpendapat lebih sporty apabila subtitusi dengan behel tanduk kepunyaan Honda CS1 si kakak yang terlupakan. Mungkinkah? Kita perhatikan saja pada gambar, terlihat lobang dudukan sedikit berbeda. Kalo mau pasang plek-plek ya jelas ngga masuk. Opsi lain dengan mengakali membuat dudukan baru atau membelah behel tanduk si CS1 dengan konsekwensi behel melar ke samping.. dan lobang baut perlu disesuaikan.. tapi ya saya belum coba sih.. DIWYOR yah hehe
  7. Minus Bagasi, kebutuhan standar pengguna roda dua. 2015-08-28_16.48.36Minimal muat untuk jas hujan, biar ngga basah2an pas hujan dan nyimpennya rapi kalo pas ngga dipakai. Ini memang yang sepertinya kesulitan AHM wujudkan di bebek underbone anyarnya. Tampak pada gambar, bagian bawah jok penuh sesak oleh.. Fuel tank dan Air Filter ?? Cuma dua itu aja bikin penuh sesak ya.. Ada yang berpendapat, bagaimana kalo dimodifikasi saja bagian bawah jok supaya bisa jadi bagasi..  ? Untuk ini saya sudah buatkan artikel terpisah.. Silahkan dicek link ini..

Bagi yang punya pandangan lain atau saran lain, atau mungkin sudah berkreasi dengan New Sonicnya, silahkan.. kolom komentar diacak-acak..

Baca baca juga ya artikel menarik lainnya..

Advertisements

71 Comments





















































  1. menurut ane sih lampu sein nggak usah pake LED2an
    pake bohlam aja dah cukup min.

  2. Kalo lampu depannya pake led projie gimana cara ngerubahnya ya bakalan bisa engga ya?

    1. Author

      bisa aja om, coba ke bengkel modif aja atau cek grup facebooknya, ada yang implementasi kok om

  3. Kalo lampu depannya diganti pake lamp led projie bisa kaga ya? Gimana sih caranya boleh dikasih tau?

    1. Author

      bisa aja om, coba ke bengkel modif aja atau cek grup facebooknya, ada yang implementasi kok om

  4. Kepala sonic getarannya keras sekali…. apa lagi dibagian spido.. ada cara ngencenginnya?

    1. Author

      Iya memang, mungkin bisa diminimalisir dengan tape karet, tapi ya ribet pastinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *