Otoborn – Bajaj sebuah brand sepeda motor asal India memperkenalkan kendaraan bermotor terbarunya.

Jika TVS saat ini sedang mempersiapkan sepeda motor listrik roda tiganya, Bajaj mencoba peruntungan dengan kelebihan satu roda yang konon katanya akan dibanderol seharga 65 juta rupiah saja untuk pasar tanah air.

baca juga: Modifikasi TVS Apache RTR200 Adventuring

Bajaj Qute adalah kendaraan roda empat sederhana dari Bajaj yang diperkenalkan pertama kali tahun 2012 silam di India dan dipasarkan di Indonesia pada tahun 2017 ini.

Lihat juga: Galeri Suzuki GSX-R150 Di IMOS 2016

Jika produk Bajaj yang sudah beredar selama ini yakni sepeda motor roda dua dan roda tiga seperti yang umum ditemui di jalanan Jakarta selama ini, kali ini Bajaj menghadirkan produk yang berbeda yang bisa menjadi alternatif pengguna sepeda motor roda dua atau mobil alias kendaraan roda empat.

Melihat desain dan teknologi yang digunakan, rupanya Bajaj belum ada lawan di kelas ini. Apalagi dengan banderol yang konon katanya hanya 65 juta rupiah saja, harganya dibawah kendaraan roda empat lcgc yang beredar di tanah air saat ini.

Intip juga: Video Detail Honda CBR250RR Pamer Pesona Di IMOS2016

Memiliki 4 roda yang pasti tidak memerlukan standar samping, dengan kap atau atap layaknya mobil atau bajaj roda tiga, penumpangnya akan terhindar dari sengatan panas matahari langsung atau guyuran air hujan.

Dimensi mungil dan didesain untuk 4 – 5 penumpang, dengan 4 kursi yang memiliki seatbelt 3-point untuk masing masing penumpangnya. Dua kursi di depan termasuk pengemudi, dan dua kursi yang ditandem di belakang.

Sebenarnya kendaraan ini mengingatkan otoborn pada mobil listrik mungil yang beberapa waktu lalu sempat kenalan di pameran otomotif.  Namun sepertinya Bajaj Auto jeli melihat potensi pasar, bila dicermari lagi Bajaj Qute lebih siap mengaspal karena regulasi kendaraan listrik hingga saat ini masih mengambang.

Baca juga: Galeri Foto Yamaha Tricity 155 VVA IMOS2016

Spesifikasi singkat Bajaj Qute jelas berbeda dengan kendaraan roda empat yang disebut mobil, silahkan disimak.

  • ukuran panjang 2.752 mm,
  • lebar 1312 mm,
  • tinggi 1652 mm,
  • radius putar 3,5 mm,
  • sasis monokok
  • berat kosong 450 kg,
  • menggunakan 4 roda (quadricycle)
  • panjang sumbu roda 1925 mm
  • menggunakan stir melingkar
  • memiliki atap dan kabin
  • desain eksterior seperti mobil
  • mesin bajaj berkubikasi 200cc

Untuk performa, mesin berkapasitas 200 cc yang disematkan mampu menghasilkan tenaga sampai 13,3 Hp pada putaran mesin 5500 Rpm , sedangkan torsi maksimumnya 19 Nm pada 4000 Rpm, kecepatan maksimum sepeda motor roda empat ini adalah 70 km/jam.

Meskipun rodanya empat dan memiliki atap serta stir bundar, tetap tidak bisa disetarakan dengan mobil ya. Keunggulannya tentu saja bobot jauh lebih ringan dari mobil dan dimensi lebih mungil, dan bisa jadi opsi pengganti angkutan umum bajaj roda tiga nih.

Berikut ini penampakannya di India.

Btw, menurut anda dengan banderol sekitar 65 juta rupiah, untuk pribadi nih… Kira kira mendingan beli ini, CBR250RR yang lagi anget, atau moge seken ya?

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”Modification”,”Viar” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.