OtobornFinal AHMBS 2016 tingkat nasional yang berlangsung di Jakarta kemarin menggali banyak informasi berupa beraneka bakat wirausaha dari pemuda pemudi dari berbagai penjuru negeri ini. Berbagai ide muncul dari berbagai bidang wirausaha dalam program tahunan yang didukung oleh PT. Astra Honda Motor (AHM) ini, mulai dari kuliner, ranah teknologi dan pertanian, hingga semangat membangun daerah.

Dalam melaksanakan AHM Best Student 2016, AHM didukung oleh jaringan main dealer serta anak perusahaan AHM yaitu PT Suryaraya Rubberindo Industries, PT Yutaka Manufacturing Indonesia, PT Showa Indonesia Manufacturing, dan PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Baca juga: Aksesoris Terpasang Honda New Vario eSP Dan Harganya

Pemenang AHM Best Student 2016

Dari 69 finalis yang telah memaparkan karya tulis bertema entrepreneur keluar juaranya yang berasal dari SMKN 1 Pangkal Pinang. Sebelumnya karya para finalis dinilai dari sisi keunikan ide wirausaha, proses perencanaan, proses eksekusi jual beli, laporan keuangan, hingga skema mempertahankan dan mengembangkan usahanya.

Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) David Budiono (kanan) berfoto bersama pemenang AHMBS Wendi dari SMKN 1 Pangkal Pinang sesaat setelah penyerahaan piagam pada acara final AHMBS 2016 di La Piaza, Kelapa Gading (7/8)

Berbagai Ide Wirausaha Calon Entrepreneur

Untuk bidang kuliner, dari Makassar muncul ide membuat es krim dari sayuran, dari Yogyakarta ada ide inovasi menu bakpia yang dibuat dari daun kelor, dari Semarang terdapat ide kreatif pembuatan kerupuk dari kulit mangga, dari Selat Panjang Riau lahir ide pembuatan mie sagu.

Dari ranah teknologi pertanian dan peternakan juga muncul perhatian para siswa AHM Best Student yang tercermin dari ide pembuatan pupuk dari eceng gondok di Banjarbaru dan pupuk dari kulit kerang di Jakarta. Dari Payakumbuh muncul pula ide pembuatan biogas dari kotoran ayam.

Tonton : Video Teaser Honda All New CBR250RR

Beberapa ide wirausaha muncul dari semangat membangun daerah di antaranya seperti ide siswa Bengkulu Selatan membuat tas dari limbah labu kayu sebagai cinderamata khas daerah, ide siswa Denpasar membuat Boreh Bali Aroma Terapi untuk mempopulerkan kembali pengobatan tradisional Bali, hingga ide siswa Jambi untuk membuat lotion anti nyamuk khas Jambi dari limbah biji duku.

Peserta AHMBS2016 Berfoto Bersama Direksi dan Management PT. AHM | nabila khairunisa

Renungkan: Abaikan 5 Benda Ini Apabila Mau Pulang Disambut Isak Tangis Keluarga

Motivasi Presiden RI Ke-3 Bj. Habibie

Deputy Head of Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin menyatakan program AHM Best Student tahun ini diproyeksikan untuk mendorong lahirnya generasi muda kreatif yang bisa memberikan manfaat buat sesama. Program ini diharapkan dapat mengeksplorasi ide wirausaha muda dengan segala inovasi dan keunikannya, sekaligus menjadi sarana saling bertukar dan memperkaya pengetahuan antarsiswa.

Untuk semakin memperkaya siswa untuk menjadi pengusaha yang mampu berkontribusi bagi sesama, AHM Best Student juga menggelar diskusi dengan M. Alfatih Timur. Kehadiran sociopreneur muda yang menjadi inspirasi penggerak perubahan sosial ekonomi masyarakat melalui program crowdfunding ini diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk menghasilkan karya yang bermanfaat untuk bangsa.

“Kami ingin membekali anak-anak pilihan ini dengan pengetahuan dan motivasi yang akan mendorong mereka untuk bermimpi dan menghasilkan ide dan karya karya yang bermanfaat untuk masyarakat dan bangsa. Alhamdulillah, tahun ini kami dapat memfasilitasi mereka untuk berdialog langsung dengan Pak Habibie, salah satu putra terbaik bangsa yang sudah mendedikasikan dirinya untuk kemajuan bangsa,” ujarnya.

Direktur PT Astra Honda Motor (AHM) David Budiono (kiri) dan manajemen AHM mendampingi siswa-siswi peserta AHMBS menyerahkan foto kenangan kepada Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie di kediaman Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, Kuningan (7/8)

Presiden Republik Indonesia ke-3 Prof. Dr. Ing. H Bacharuddin Jusuf Habibie memberikan motivasi terhadap siswa AHM Best Student2016 di kediamannya di Patra Kuningan Jakarta Selatan pada Minggu (07/08). Kontribusi besar Habibie bagi bangsa melalui beragam karyanya memberikan inspirasi bagi mereka untuk mengembangkan bakat wirausaha untuk kemajuan bangsa.

“Inspirasi dan motivasi Pak Habibie akan mengantarkan anak-anak muda ini untuk terus berkreasi dan berkontribusi terhadap kemajuan bangsa,” tutupnya

Para finalis AHMBS 2016 berfoto bersama Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie (tengah) dan manajemen AHM seusai acara motivasi kepada siswa-siswi peserta AHMBS di kediaman Prof Dr Ing H Bacharuddin Jusuf Habibie, Kuningan (7/8).

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”News” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.