Advertisements

Pulsar 200NS, Pangeran Penyendiri Di Istana Kawasaki

Otoborn – PT. Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memiliki kesepakatan dengan produsen sepeda motor India yang terkenal dengan produk Pulsar series.

Bajaj Pulsar 200NS – yang memiliki desain sempat membuat heboh ketika diperkenalkan kepada publik global dengan statusnya sebagai motor buatan India – dijual oleh KMI selepas perwakilan Bajaj Auto Limited di Indonesia yaitu PT. BAI tidak lagi eksis sebagai pemasok sepeda motor India.

Baca : Galeri Modifikasi Honda All New CBR150R Lihat Langsung Lebih Sangar Kawasaki Semakin Eksklusif Di Jakarta Fair 2016

Kawasaki selama beberapa tahun menjual sang Pangeran dari India ini berdampingan dengan produk Kawasaki lainnya. Jelas tidak ada kekhawatiran pasar sepeda motor kelas naked Kawasaki tergerus, karena memang memiliki sasaran pasar yang berbeda.

Kawasaki BR200 Bajaj Pulsar 200NS Depan

Tonton:

Pulsar 200NS

Statusnya di tanah air, kini produk Bajaj yang juga dikenal dengan nama Rouser NS200 ini sudah berhenti dipasok dari negeri asalnya. Menurut berita yang beredar di dunia maya stok Bajaj Pulsar 200NS ini menumpuk di berbagai dealer Kawasaki. Rupanya pasar penggemar produk Bajaj yang disasarnya lumayan terpengaruh oleh bayang bayang ketakutan aftersalesnya memburuk meskipun ditangani oleh brand besar Kawasaki. Konsumen yang sudah membelinya sebelumnya mempelajari semua resikonya dan menerimanya.

Beberapa dealer Kawasaki melakukan promo pemotongan harga Bajaj Pulsar 200NS sehingga harga jual resmi di dealer bisa menyentuh 15 jutaan. Wow!!!

Kawasaki BR200 Bajaj Pulsar 200NS Samping Kanan

Pernah otoborn bertemu dengan seorang owner Bajaj Pulsar 200NS yang menyukai performa dan desain tunggangannya tersebut, seorang bule -yang berkesan loyal pada produk Bajaj setelah sedikit berbincang bincang- pada suatu kesempatan berbagi cerita Punya Kawasaki Pulsar 200NS Itu Seperti Ini . Beliau memahami resikonya, dan hanya menikmati saja memiliki sepeda motor yang bisa dibilang eksklusif karena populasinya jarang di tanah air. Sejauh memilikinya, aftersales dilayani dengan baik oleh Kawasaki, dan bengkel non resmi pun bisa diandalkan untuk menangani perawatan ringan. Ujarnya dahulu, om Rozak sedang sabar menantikan versi 400cc bisa dipinangnya.

SS400 dan CS400… keren abiss

Sayangnya memang tidak banyak orang mau ambil resiko dan mau banyak mempelajari mendalam, membiarkan air liur ditelan lagi. Apalagi dengan statusnya kini yang sudah tidak dipasok lagi oleh Kawasaki.

Meskipun demikian Kawasaki berkomitmen menjamin aftersales hingga 10 tahun kedepan, jadi pemilik Bajaj Pulsar 200NS tetap bisa mendapatkan sparepart dan servisnya secara resmi melalui Kawasaki, kalau tidak mau repot cari sparepart sendiri di dunia maya atau ogah kreatif maintenance sendiri di bengkel luaran.

Desain

Sebagai sepeda motor naked asal India, jujur garis desain dari Bajaj Pulsar 200NS ini memang membuat mata melirik lirik. Bikin naksir deh. Area headlamp termasuk unik, pada awal kemunculannya belum banyak yang mengusung model seperti milik sang pangeran.

Model dual layer dual tone plus penempatan sein yang sedemikian rupa… Seperti kepala seekor semut robotic… siap mencapit mangsanya.

Bajaj Pulsar 200NS Headlamp

Lekuk bodynya seperti si jangkung yang kekar, tidak kecil juga tidak besar. Fueltank besar dan tinggi mampu menampung 12 liter bbm, dibalut shroud lebar, ada identitas dua pabrikan yang berkolaborasi disini, Kawsaki Bajaj.

Jok bertingkat dengan buritan meruncing dan behel tanduk menambah kesan sporty. Sayangnya, imho area bodi belakang terkesan kurang fresh, karena lekuk desainnya tidak jauh beda dengan Bajaj Pulsar 135 yang dipadukan dengan Bajaj Pulsar 180, 200 dan 220.

Tapi setidaknya ada upaya dari desainer Bajaj untuk merubah area ini, tanpa meninggalkan ciri khas Pulsar sebelumnya.

Kawasaki BR200 Bajaj Pulsar 200NS buritan

Kaki kaki yang besar juga membuatnya tambah gagah, suspensi depan teleskopik 37mm yang tinggi dipadukan dengan shockbreaker tunggal dengan Nitrox di belakang menopang lengan ayun berukuran besar dan tampak kokoh. Wah, kalau menerapkan suspensi upside down ganteng maksimal nih…

Dimana knalpot bersembunyi? Adanya di kolong… yup, underbelly. Berbentuk seperti box yang disebut berteknologi ExhausTEC (TEC : Torque Expansion Chamber) diklaim memaksimalkan torsi mesin pada putaran bawah dan menengah.

Bentuk knalpot ini lebih mementingkan teknologi dibandingkan gaya gayaan, juga membuat sang pangeran bertahan direndam air setinggi setengah tinggi badannya atau lebih, terbukti tangguh di air dalam kondisi mesin dimatikan, dihidupkan dan dihidup-matikan dalam air tanpa kendala. Simak rekaman video owner yang membuktikan sendiri secara langsung di banjiran Jakarta beberapa waktu lalu di akhir artikel ya…

Bajaj Pulsar 200NS Underbelly

Baca juga:

Spesifikasi

Tidak ada campur tangan Kawasaki dalam meracik mesin dan teknologinya, Bajaj Pulsar ini hanya dititip jualkan saja melalui KMI untuk pasar tanah air.

Mengusung mesin 4-tak berteknologi DTSi (Digital Twin / Triple Spark Ignition) tipe SOHC 199,5 cc (diameter x langkah : 72x49mm perbandingan kompresi 11.0 : 1) 4-valve 6-speed, Bajaj Pulsar 200NS  memiliki power 23,52ps @9500RPM serta torsi 18,3Nm @8000RPM. Sudah dilengkapi dengan radiator.

DTSi – triple Spark Ignition dikontrol oleh ECU

Salah satu keunggulannya yaitu menjadi yang pertama di dunia mengadopsi triple spark alias 3 busi tadi yang memaksimalkan pembakaran di area ruang bakar, sehingga output power terjaga dan juga efisien. Oh iya, sistem pengabut bahan bakar masih tipe karburator dengan spesifikasi UCAL UCD33.

Baca juga:

Konsol dashboard menganut kombinasi analog digital, dan meskipun headlamp masih menggunakan tipe bohlam tidak demikian dengan stoplamp. Seperti varian pulsar lainnya sudah menggunakan teknologi LED.

Ban tubeles berspesifikasi 100/80-17m/c 52p membalut velg alloy lingkar 17″ di depan, sedangkan ban belakang 130/70-17m/c 62p masih dengan lingkar velg yang sama. Dilengkapi dengan petal disc brakes single 280mm untuk depan dan single 230mm di belakang.

Kawasaki BR200 Bajaj Pulsar 200NS ban depan Kawasaki BR200 Bajaj Pulsar 200NS ban belakang

Dimensinya secara keseluruhan memang sesuai postur rata rata orang India yang tinggi tinggi, Panjang 1,965 mm x Lebar 810 mm x Tinggi 1,055 mm. Jarak ke tanahnya 805 mm dengan poros antar roda 1,360mm.

Simak tabel spesifikasinya yang diambil dari situs resmi Bajaj.

FRAME
Suspensi Depan 37mm telescopic fork
Suspensi Belakang mono shock
Rem Depan single 280mm petal disc
Rem Belakang single 230mm petal disc
Ban Depan 100/80-17m/c 52p (tubeles)
Ban Belakang 130/70-17m/c 62p (tubeles)
Panjang x Lebar x Tinggi 1,965 mm x 810 mm x 1,055 mm
Jarak Poros Roda 1,360mm
Jarak ke Tanah 805 mm
Berat 145kg
Kapasitas Bensin 12 litres
Trail 85mm
ENGINE
Tipe Pendingin cair, 4-tak tunggal
Maksimum Power 17kW(23.1ps)/9,500rpm
Torsi Maksimum 18.3n.m(1.8kgf.m)/8,000rpm
Karburator UCAL UCD33
Diameter x Langkah 72x49mm
Sistem Pengapian CDI
Perbandingan Kompresi 11.0 : 1
DRIVETRAIN
Jumlah Transmisi 6 kecepatan

Berapa Harganya?

Nah ini, PT. KMI membanderol Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS dengan nilai Rp Rp 23.900.000,- (OTR Jabodetabek) bisa dibeli tunai atau melalui leasing Adira, WOM atau OTO Finance dengan uang muka mulai dari 4,8 juta dengan tenor hingga 33 bulan.

Berminat meminangnya? Datang saja ke showroom atau dealer Kawasaki terdekat atau kunjungi sekarang event Jakarta Fair Kemayoran 2016 untuk mendapatkan harga khusus produk Kawasaki lainnya juga di booth Kawasaki.

Bajaj Pulsar 200NS Booth Kawasaki

Oh iya, dengar dengar dalam waktu dekat Bajaj Auto Limited (BAL) akan kembali memiliki perwakilan resmi untuk produk produknya dengan menggandeng KTM yang mayoritas sahamnya dimiliki oleh BAL. Wah seru juga kalo nanti menyusul produk suksesor dari Pulsar 200NS ini seperti varian AS dan RS ikut diboyong ke tanah air. Mungkinkah itu terjadi? Kita lihat saja nanti perkembangannya.

Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS : Pangeran Yang Menyendiri

Pinjam video pengetesan owner dalam banjir… Cekibrotttt…

———–

Keep Respect and Safety when Riding !


Silahkan kunjungi juga artikel lainnya

[display-posts category=”News”,”Kawasaki” posts_per_page=”15″ image_size=”thumbnail”]

.

.

.

.

.

Contact me by:

Email: ramadhi.harimurti[at]gmail.com

WhatsApp chat: 081-tujuh-satu-tujuh-nol-satu-84

Terima kasih sudah berkunjung membaca dan dibantu share artikel ini, semoga bermanfaat.

Advertisements

10 thoughts on “Pulsar 200NS, Pangeran Penyendiri Di Istana Kawasaki

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Follow O to BORN

Follow & Subscribe by email then get any official updates from O to BORN blog

%d bloggers like this: